Warga dari Madura yang Nyeberang ke Probolinggo Dites Swab Antigen

M Rofiq - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 16:31 WIB
Kasus COVID-19 di Bangkalan melonjak. Sehingga warga Madura yang menyeberang ke Probolinggo dites swab antigen.
Swab antigen di Probolinggo/Foto: M Rofiq/detikcom
Probolinggo -

Kasus COVID-19 di Bangkalan melonjak. Sehingga warga Madura yang menyeberang ke Probolinggo dites swab antigen.

Swab antigen digelar di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo. Tes dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Petugas gabungan dari TNI-Polri, Satpol Air Polres Probolinggo, Syahbandar Pelabuhan Tanjung Tembaga, hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Tembaga melakukan screening pada penumpang.

Penumpang yang datang dari Madura maupun yang akan menyeberang ke Madura wajib menjalani swab antigen. Tes sudah disediakan oleh kantor kesehatan pelabuhan.

"Kita antisipasi penyebaran COVID-19 dari jalur laut. Kita perketat semua pintu masuk dari pelabuhan besar maupun kecil. Semua penumpang dan kru kapal kita rapid antigen semuanya," ujar AKP Slamet Prayitno, Kasatpolair Polres Probolinggo, Kamis (10/6/2021).

Kantor kesehatan pelabuhan saat ini menyediakan sekitar 2 ribu rapid antigen, yang dikhususkan bagi penumpang kapal maupun nelayan tujuan antarpulau.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Jumali mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan kesehatan terbaik, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 via jalur laut. Sebab, di Jembatan Suramadu ada penyekatan, sehingga banyak warga Madura yang memilih lewat laut. Semua penumpang kapal asal Madura menjalani swab antigen.

"Jadi kita beri pelayanan kesehatan terbaik, dan memutus penyebaran COVID-19. Semua penumpang kapal asal Madura kita rapid antigen gratis. Karena dari Jembatan Suramadu diperketat, banyak warga lewat jalur laut," terang Jumali.

Ada dua pilihan bagi yang positif dalam rapid antigen. Bisa kembali ke daerah masing-masing atau dikarantina di rumah sehat dan ruang karantina, yang disediakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

(sun/bdh)