Vandalisme Gapura Wisata Bromo: Coretan Dibersihkan, Pelaku Harap Dibina

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 13:52 WIB
Gapura menuju kawasan wisata Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menjadi sasaran vandalisme pelajar. Gapura berwarna abu-abu itu dipenuhi coretan identitas berbagai sekolah.
Bersih-bersih gapura menuju kawasan wisata Bromo/Foto: Istimewa
Pasuruan -

Gapura menuju kawasan wisata Bromo, di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menjadi sasaran vandalisme pelajar SMK yang merayakan kelulusan. Para pelaku merupakan siswa-siswi beberapa SMK di Kota Pasuruan.

Jejak vandalisme di gapura bertuliskan 'Welcome to Tosari, Kawasan Wisata Bromo-Tengger' itu direkam dan dipotret warga. Video dan fotonya viral di media sosial.

Setelah viral, Pemerintah Kecamatan Tosari bertindak cepat. Berbagai elemen dikumpulkan untuk membersihkan coretan yang memenuhi kedua tiang gapura dan jalan.

"Kami kumpulkan perwakilan SLTA yang ada di Kota Pasuruan, beberapa Pramuka di Kota Pasuruan, kemudian SMK Puspo dan Tosari karena terdampak, untuk bersih-bersih. Anggota Koramil, polisi dan trantip juga ikut. Ada 30-an orang lebih," kata Camat Tosari, Edy Priyanto, Rabu (8/6/2021).

Para pelaku vandalisme merupakan belasan siswa-siswi beberapa SMK yang ada di Kota Pasuruan. Namun saat bersih-bersih mereka tak terlibat.

"Kan mereka sudah libur juga. Kami minta perwakilan sekolah membina mereka," terang Edy.

Pembersihan coretan vandalisme dilakukan dengan mengecat ulang. Saat ini, gapura dan jalan yang penuh coretan juga dibersihkan.

"Sudah bersih, clear," tambah Edy.

Untuk mengantisipasi aksi serupa, pihaknya akan melakukan penyisiran. Sebab pada Hari Sabtu (12/6) ada pengumuman kelulusan SMA.

"Nanti kita lakukan penyisiran pada Hari Sabtu. Kalau ada kelulusan di Pasuruan kita adang di gapura untuk kembali," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, gapura menuju kawasan wisata Bromo, di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menjadi sasaran vandalisme siswa SMK. Gapura berwarna abu-abu itu dipenuhi coretan identitas berbagai sekolah.

Coretan yang mengekspresikan 'bangga' lulus sekolah itu terekam dalam video dan foto. Video dan foto jejak vandalisme itu viral media sosial.

Dalam video berdurasi 55 detik yang dipantau detikcom, Rabu (9/6/2021), tertulis sejumlah nama sekolah. Aksi corat-coret dilakukan Selasa (7/6).

Lihat juga video 'Potret Taman-Trotoar di Seberang KBB BNI City yang Bikin Miris':

[Gambas:Video 20detik]




(sun/bdh)