Beredar Video Gapura Kawasan Wisata Bromo Dicoret-coret Pelajar SMK

Muhajir Arifin - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 12:27 WIB
Gapura menuju kawasan wisata Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menjadi sasaran vandalisme pelajar. Gapura berwarna abu-abu itu dipenuhi coretan identitas berbagai sekolah.
Aksi vandalisme pelajar SMK/Foto: Istimewa (dok. foto yang beredar)
Pasuruan -

Gapura menuju kawasan wisata Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan menjadi sasaran vandalisme pelajar. Gapura berwarna abu-abu itu dipenuhi coretan identitas berbagai sekolah.

Coretan yang mengekspresikan rasa 'bangga' lulus sekolah itu terekam dalam video dan foto. Video dan foto jejak vandalisme itu beredar di media sosial.

Dalam video berdurasi 55 detik yang dipantau detikcom, Rabu (9/6/2021), kedua tiang gapura dipenuhi coretan cat semprot warna-warni. Selain di tiang gapura, jalan raya juga penuh coret-coret tulisan warna-warni.

Dalam foto yang beredar, tampak belasan siswa-siswi setingkat SMK berfoto bersama dengan latar gapura yang sudah 'ambyar'. Mereka berpose dengan senyum lebar dan beberapa orang mengepalkan tangan.

"Yo opo lek ngene iki, ono SMK Pasuruan, SMK PGRI. Embong-embong ditulisi... SMKN 1, SMK PGRI, apik tulisanmu lur.... Yo opo ngene iki, gak melok gawe tembok dioret-oret ngene iki," kata pria dalam video yang merekam jejak vandalisme.

Dalam video itu, tertulis sejumlah nama sekolah. Antara lain SMKN 1, SMK Pasuruan, SMK PGRI, SMK Jawara, SMK Mutu, SMK 2 dan lainnya. Ada juga coretan kata-kata jorok dan ekspresi bangga karena lulus.

Sementara tak tampak nama sekolah di Kecamatan Tosari, lokasi gapura yang menjadi sasaran vandalisme. Camat Tosari Edy Priyanto membenarkan gapura yang viral itu di wilayahnya. Aksi vandalisme itu dilakukan pada Selasa (7/6).

"Benar itu gapura di Tosari. Kemarin kejadiannya," kata Edy.

(sun/bdh)