Mendes PDTT Sebut BUMDes Tumpuan Pemulihan Ekonomi Nasional Tingkat Desa

Eko Sudjarwo - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 22:27 WIB
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan badan usaha yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa, serta usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Pernyataan ini disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, dalam kunjungan kerja di salah satu desa tematik Lamongan, yaitu Desa Kendal, Kecamatan Sekaran.
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar/Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

"Yang menarik tadi ada satu hal, no wifi full interaksi saat berada di kawasan ini dan ini menurut saya akan menjadi barang langka," ungkapnya.

Sementara Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap, kehadiran Mendes PDTT di Lamongan akan memberi motivasi, spirit, dan inspirasi bagi Lamongan untuk terus mengembangkan desa-desanya menjadi lebih baik. Pak Yes juga melaporkan dalam waktu dekat ini program utamanya adalah penanganan pandemi, yang salah satunya adalah dengan membangkitkan perekonomian melalui kebangkitan UMKM. Baik secara offline (taman tematik) maupun online (aplikasi).

"Insyaallah akan terus kami kembangkan agar UMKM Lamongan bisa bergairah kembali dan bisa membangkitkan ekonomi kembali. Alhamdulillah desa-desa bergairah untuk terus bangkit dan menjadi desa-desa mandiri," kata Pak Yes.

Sebelum meninjau lokasi BUMDes di Desa Kendal Kecamatan Sekaran, Mendes PDTT dan jajaran Forkopimda melakukan peletakan batu pertama NU Center Gedung PC GP Ansor Kabupaten Lamongan di Desa Plosowahyu, Kecamatan Lamongan. Gedung NU Center ini berdiri di atas tanah wakaf seluas kurang lebih 350 meter persegi, yang direncanakan akan selesai dibangun dalam kurun waktu 2 tahun, dan diperkirakan akan menjadi kantor NU terbesar di Indonesia.


(sun/bdh)