170 Desa di Lamongan Tuntaskan Data SDGs, Gus Menteri Beri Penghargaan

Khoirul Anam - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 19:47 WIB
kemendes PDTT
Foto: kemendes PDTT
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar memberikan piagam penghargaan kepada 170 desa di Kabupaten Lamongan yang telah menyelesaikan pendataan SDGS Desa, Sabtu (5/6).

Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri ini mengajak siapa pun untuk memberikan kepercayaan penuh kepada desa.

"Berikan kepercayaan pada desa, maka semua akan selesai di desa. Tapi kalau kita tidak percaya kepada desa enggak akan pernah selesai," jelas Gus Menteri dalam keterangan resmi, Sabtu (5/6/2021).


Abdul Halim Iskandar mengatakan yang paling sederhana saat ini adalah data SDGs Desa. Menurutnya, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa akan memperlihatkan kerangka desa yang utuh sesuai dengan permasalahan dan potensi desa.

Dengan mempunyai data yang benar, lengkap, dan berkelanjutan akan memudahkan pemerintah desa dan pemerintah daerah dalam menyusun rencana program kerja ke depan.

"Saya yakin kalau ini (data SDGs Desa) sudah lengkap, Pak Bupati akan memiliki satu yang luar biasa bagusnya untuk menyusun RPJMD," ungkap Gus Menteri.

Dengan data tersebut, dia melanjutkan, siapa pun yang ingin tahu tentang situasi dan kondisi di desa akan mudah mengetahuinya. Dengan data yang sangat detail dan by name dan by address itu, nantinya akan diketahui tingkat kemiskinan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya di masing-masing desa.


Oleh karena itu, Gus Menteri meminta kepada desa-desa di seluruh Indonesia untuk segera menyelesaikan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut. Dia juga memberikan apresiasi kepada desa-desa yang telah menyelesaikan pendataan.

"Terima kasih Pak Kades, terima kasih ketua Pokja relawan pendataan desa, para pendamping desa dari atas dukungannya dalam mendata SDGs Desa," ucap Gus Menteri.

(mul/ega)