179 Pedagang Pasar Tumpah di Tambaksari Surabaya Dites Swab PCR

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 17:58 WIB
Pemkot Surabaya terus melakukan tes swab kepada pedagang pasar tumpah. Tes swab itu sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Surabaya.
Tes swab pedagang pasar tumpah/Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom
Surabaya -

Pemkot Surabaya terus melakukan tes swab kepada pedagang pasar tumpah. Tes swab itu sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Surabaya.

Kali ini, tes swab dilakukan di Jalan Indrakila, Tambaksari. Petugas Dinas Kesehatan Kota Surabaya melalui Puskesmas setempat, dan tiga pilar Kecamatan Tambaksari ikut melakukan pengawasan tes swab terhadap pedagang tersebut. Satu per satu lapak para pedagang didatangi dan dilakukan tes swab di tempat.

"Ini programnya Polsek, Koramil berserta Puskesmas. Memang sesuai arahan pimpinan kita mencari kasus, atau melakukan deteksi awal, screening dengan cara melakukan tes sebanyak-banyaknya. Ini bagian upaya kita memutus mata rantai penyebaran COVID-19," kata Camat Tambaksari Ridwan Mubarun saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Ridwan menjelaskan alasan mengapa tes swab tersebut menyasar para pedagang di pasar tumpah. Menurutnya, mereka rentan terpapar COVID-19, karena sering berinteraksi dengan banyak orang.

"Karena para pedagang pasar ini banyak berinteraksi dengan berbagai orang. Karena mereka ini rentan terhadap virus COVID-19. Walaupun mereka sudah dilakukan vaksin satu kali, kita terus lakukan testing mencari kasus. Sehingga upaya itu bisa memutus mata rantai COVID-19," ungkap Ridwan.

Menurutnya, tes swab di lapak pedagang tidaklah mudah. Ada pedagang yang sempat menolak mengikuti tes swab. Namun setelah dilakukan pendekatan akhirnya mereka mau mengikuti tes.

"Ada juga yang menolak dan nggak mau tapi ya kita rayu untuk tetap harus dites PCR. Alhamdulillah yang menolak awalnya akhirnya bisa di-swab juga," lanjut Ridwan.

Tes swab PCR di lapak pedagang pasar tumpah ini, menurut Ridwan, sudah berjalan sejak tiga hari lalu. Tes akan berlangsung hingga Senin (7/6) di pasar tumpah Jalan Gresikan hingga pasar tumpah Jalan Indrakila.

"Yang Hari Kamis (3/6) di Gresikan sebanyak 59 pedagang hasilnya negatif. Yang Hari Jumat (4/6) 43 pedagang hasilnya belum keluar, mungkin hari ini. Sedangkan hari ini 77 pedagang hasil mungkin besok keluar," pungkas Ridwan.

(sun/bdh)