Ada Potensi Gempa-Tsunami Jawa Timur, Pakar Ingatkan Rumus Mitigasi 20-20-20

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 12:27 WIB
BMKG Sebut Ada Potensi Tsunami di Jatim, Pakar Paparkan Peningkatan Frekuensi Gempa
Foto: Istimewa BMKG
Surabaya -

Pakar Geologi mengatakan apa yang dilakukan BMKG mengumumkan potensi gempa dan tsunami Jawa Timur sesuatu yang sebaiknya diketahui lebih awal. BMKG menyebut ada gempa hingga magnitudo 8,7 dan tsunami setinggi maksimal 29 meter yang berpotensi mengguncang Jawa Timur.

Pakar Geologi ITS Dr Ir Amien Widodo menyebut tsunami Jatim berpotensi datang dengan waktu tempuh air untuk sampai ke daratan yakni selama 20 sampai 25 menit. Bila terjadi pertanda tsunami, warga pesisir hanya memiliki waktu sekitar 20 menit untuk menuju tempat yang lebih tinggi, setidaknya setinggi 20 meter.

"Penting edukasi terkait mitigasi yang dikenal dengan semboyan 20-20-20," kata Amien di Surabaya, Jumat (4/6/2021).

Amien mengatakan edukasi ini penting. Nantinya jika terjadi gempa yang terasa selama 20 detik, warga di pesisir tak perlu menunggu air surut. Tetapi harus segera menuju ke tempat dengan ketinggian minimal 20 meter, karena waktu yang ada hanya sekitar 20 menit.

Edukasi inilah, yang menurut Amien juga melandasi BMKG membeberkan kabar ini sekarang. Evaluasi dari gempa Malang beberapa waktu lalu, dengan skala kekuatan gempa sebesar M 6 saja membawa dampak kerusakan yang cukup luas.

Lihat Video: BMKG: 2021, Gempa Bumi di RI Rata-rata Satu Bulan 600-an

[Gambas:Video 20detik]