Dengar Lagu Garuda Pancasila, Pengendara di Kediri Langsung Sikap Sempurna

Andhika Dwi - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 11:22 WIB
Hari Lahir Pancasila diperingati pada Selasa (1/6). Di Kota Kediri, ada pemandangan yang menunjukkan rasa dan jiwa nasionalisme.
Pengendara di Kota Kediri yang langsung mengambil sikap sempurna ketika mendengar Lalu Garuda Pancasila/Foto: Istimewa
Kediri -

Hari Lahir Pancasila diperingati pada Selasa (1/6). Di Kota Kediri, ada pemandangan yang menunjukkan rasa dan jiwa nasionalisme.

Di Instagram @dinasperhubungan_kotakediri, diunggah sebuah video yang merupakan rekaman kamera Area Traffic Control System (ATCS) dari simpang empat Jalan Diponegoro Kota Kediri, atau simpang Nabatiyasa.

Dalam video singkat tersebut tampak tiga sepeda motor berhenti di lampu merah. Dua pengendara dan seorang ibu-ibu yang diboncong langsung mengambil sikap sempurna ketika mendengar Lagu Garuda Pancasila.

Aksi nasionalisme mereka berakhir seiring lampu hijau yang sudah menyala. Aksi itu terjadi pada Selasa (1/6) sekitar pukul 14.00 WIB.

Unggahan video tersebut mendapat banyak komentar positif dari netizen. Salah satunya dari akun @Fero*****.

"Wah ada ya hari ini yang nasionalisme terbakar denger lagu ini berkumandang," tulisnya.

"Aku baca caption aja sudah terharu, apalagi dengerin, dijamin mbrebes mili (ingin meneteskan air mata)," tulis warganet lainnya.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengajak milenial untuk mengaplikasikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita perlu untuk membangkitkan dan mengaplikasikan Pancasila. Kita ada gebrakan setiap jam 2 siang mendengarkan Lagu Mars Pancasila. Nanti lama-lama semangat Pancasila akan kembali terbangun," ucap Abdullah, Rabu (2/6/2021)

Senada dengan wali kota, Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo mengatakan, apa yang tampak di video viral menunjukkan bahwa warga Kota Kediri masih dan tetap memiliki rasa nasionalisme tinggi.

"Yang penting bisa meresapi dan menghayati Pancasila dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam Pancasila mengandung etika, norma dari sisi agama pun masih relate. Untuk pemuda, pegang teguh Pancasila karena itu suatu hal yang baik, identitas kita sebagai warga negara yang berkebangsaan," kata AKBP Eko.

Untuk diketahui, 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 24 Tahun 2016. Presiden Jokowi menyampaikan keputusan itu melalui pidatonya pada peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka Bandung, tanggal 1 Juni 2016.

Simak video 'Balutan Budaya Jawa di Upacara Hari Lahir Pancasila di Blitar':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)