Ziarah Makam Bung Karno, Sekjen Gerindra Ajak Jaga Keutuhan Pancasila

Faiq Azmi - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 20:38 WIB
Ahmad Muzani
Ahmad Muzani saat nyekar ke makam mantan Bung Karno (Foto: Dok. Gerindra)
Surabaya -

Pada Hari Lahir Pancasila, yang jatuh pada hari ini, sejumlah pimpinan Gerindra berziarah ke makam Presiden pertama RI, Ir Sukarno, di Blitar, Jawa Timur. Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani mengajak seluruh pihak menjaga keutuhan pancasila.

"Yang paling penting adalah kita menjaga keutuhan pancasila, persatuan, dan menjaga kebhinekaan," ujar Muzani dalam keterangannya, Selasa (1/6/2021).

Menurut Muzani, peran Bung Karno dalam pembangunan dan wawasan terhadap bangsa Indonesia sangat mendalam. Terbukti dengan landasan keberagaman yang ia cetuskan dalam ideologi pancasila.

"Karena tidak ada negara besar tanpa persatuan, tidak ada negara besar tanpa keutuhan," imbuhnya.

Muzani mengaku bahagia, pasalnya sudah lama dirinya menantikan momen yang tepat untuk berziarah di makam sang proklamator tersebut. Terasa istimewa, karena hari ini bertepatan dengan peringatan lahirnya Pancasila.

Lebih lengkap, saat Muzani berziarah didampingi oleh Plt Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad, pengurus DPC Gerindra Kabupaten Blitar, DPC Gerindra Kota Blitar, serta pengurus DPC Kabupaten Kediri.

"Saya ingin datang ke sini karena saya belum pernah datang ke Kota Blitar, yang kedua saya ingin datang ke sini di momen dan waktu yang tepat yakni tanggal 1 Juni dan sudah lama saya niatkan pada 1 juni," ujarnya.

Usai berziarah di Makam Bung Karno, Muzani menyempatkan untuk berkunjung di rumah dinas Wakil Wali Kota Blitar Ir Tjutjuk Sunario. Dirinya memberi wejangan dan arahan kepada Tjutjuk yang merupakan kader Gerindra.

(iwd/iwd)