Round-Up

Misteri Kain Kafan Isi Tulang yang Diviralkan Jenazah Utuh

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 09:00 WIB
Bojonegoro -

Warga Ledok Kulon Bojonegoro dikagetkan dengan viral jenazah utuh yang ditemukan saat penggalian makam di pemakaman Andongsari. Ternyata yang utuh bukan jenazah, namun kain kafannya.

Peristiwa penggalian makam hingga ditemukan kain kafan utuh itu terjadi pada Minggu (3/5). Saat itu seorang warga bernama Sugeng meninggal. Juru kunci makam kemudian menunjuk sebidang tanah untuk liang lahat.

Sembilan penggali makam kemudian menggali tanah tersebut. Pada kedalaman 1,3 meter, penggali tanah bernama Sunan melihat ada kain kafan. Tanah kemudian digali lebih dalam.

viral jenazah utuhFoto: Ainur Rofiq

Kain kafan tersebut lalu diangkat. Tiba-tiba aroma harum sesaat menyeruak tercium para penggali makam saat kain kafan diangkat.

"Mengeluarkan bau harum sesaat saat diangkat," ujar Subakir, salah satu penggali makam kepada detikcom, Selasa (1/6/2021).

Soal viral jenazah utuh, Subakir membantahnya. Subakir mengatakan tak ada jenazah di dalam kain kafan yang ditemukan. Yang utuh adalah kain kafan, bukan jenazah.

viral jenazah utuhFoto: Tangkapan layar

"Kain putih berisi tulang jasad, masih menyatu dan utuh. Tidak ada dagingnya atau kulit dan tidak diketahui identitasnya," kata Subakir.

Polisi sendiri mencari tahu soal viralnya kejadian tersebut. Polisi mengatakan jenazah yang hanya tinggal tulang itu belum diketahui identitasnya hingga saat ini.

"Dari informasi warga belum diketahui identitas makamnya. Mungkin karena sudah lama meninggalnya. Batu nisan atau patok juga tidak ada," ujar Kasat Reskrim AKP Fran Delanta Kembaren.

(iwd/iwd)