Jenazah Siapa yang Diviralkan Ditemukan Utuh di Bojonegoro?

Ainur Rofiq - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 17:43 WIB
Bojonegoro - Sebuah kain kafan utuh ditemukan saat dilakukan penggalian makam di Pemakaman Andongsari, Ledok Kulon, Bojonegoro. Di dalam kain kafan ditemukan tulang milik si jenazah.

Yang jadi pertanyaan, jenazah siapa yang kain kafannya diangkat tersebut?

Hingga saat ini belum diketahui siapa jenazah tersebut. Warga tak mengira di tanah yang digali itu ternyata ada kain kafan di dalamnya. Adanya kain kafan itu menandakan tanah tersebut merupakan liang lahat.

Padahal di tanah itu tak ada penanda sama sekali, baik nisan maupun gundukan tanah. Karena itu, sang juru kunci menunjuk tanah itu agar digunakan untuk memakamkan jenazah warga bernama Sugeng pada Minggu (30/5).

"Dari informasi warga belum diketahui identitas makamnya. Mungkin karena sudah lama meninggalnya. Batu nisan atau patok juga tidak ada," ujar Kasat Reskrim AKP Fran Delanta Kembaren kepada detikcom, Selasa (1/6/2021).

Fran mengatakan para penggali makam melihat kain kafan itu saat menggali pada kedalaman sekitar 1,3 meter. Kain kafan itu kemudian diangkat. Di dalamnya berisi tulang tanpa ada daging dan kulit.

"Dari keterangan beberapa penggali tadi, informasinya ditemukan kain kafan yang berisi tulang yang keadaanya masih utuh atau menyatu. Beberapa penggali juga mencium bau wangi," kata Fran.

Karena didapati adanya kain kafan, penggali makam memberitahukan kepada kepada keluarga almarhum Sugeng. Dengan tujuan agar tidak tergesa-gesa memakamkan karena ditemukan kain kafan.

Namun saat itu waktu sudah menjelang petang. Akhirnya diambil keputusan jenazah Sugeng tetap akan dimakamkan di lubang tersebut. Dan kain kafan yang ditemukan juga dimasukkan kembali ke liang lahat.

"Proses pemakaman menurut keterangan warga, jasad almarhum Sugeng lebih dulu masukkan. Lalu tulang di dalam kain kafan yang utuh turut dimakamkan di sampingnya dalam satu liang," tandas Fran. (iwd/iwd)