Jasad Utuh di Bojonegoro yang Diduga 20 Tahun Terkubur Sisakan Satu Pertanyaan

Ainur Rofiq - detikNews
Rabu, 06 Jan 2021 17:44 WIB
Penggali kubur di Bojonegoro menemukan jasad utuh terbungkus kafan. Mereka tidak tahu kalau di titik tersebut sudah ada jasad yang terbubur.
Penggali kubur di Bojonegoro menemukan jasad utuh terbungkus kafan/Foto: Istimewa
Bojonegoro - Penggali kubur di Bojonegoro menemukan jasad utuh terbungkus kafan. Namun mereka tidak tahu itu jasad siapa.

Penemuan jasad utuh itu terjadi di Komplek Pemakaman Islam Masjid Darussalam Bojonegoro, Desa Kauman, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro, Selasa (5/1). Saat itu dua penggali kubur menggali tanah untuk tempat peristirahatan terakhir warga yang meninggal, H Kusnaini.

Salah seorang penggali kubur, Sumaji mengatakan, pihaknya menggali tanah tersebut karena merasa tidak pernah menguburkan jenazah di titik itu. Makanya ia menduga, jasad itu sudah terkubur sekitar 20 tahun.

"Saya tidak tahu ini makam siapa. Mungkin makam ini sudah 20 tahun lalu. Karena tidak ada papan namanya. Dan seingat saya tidak pernah menguburkan jenazah di sekitar liang ini," ujar Sumaji kepada media, Rabu (6/1/2021).

"Pas kulo pacul ningali kain kafan. Terus kulo pegang kok jasadnya masih utuh (Pas saya cangkul melihat kain kafan. Terus saya pegang kok jasadnya masih utuh)," imbuhnya.

Penemuan jasad utuh itu pun sontak menarik perhatian warga. Kini mereka masih bertanya-tanya, milik siapa jasad utuh tersebut.

Namun informasi yang berkembang di tengah masyarakat, Pemakaman Komplek Masjid Darussalam itu merupakan pemakaman untuk para Muslim yang semasa hidup memakmurkan masjid tersebut.

Lihat juga video '30 Tahun Dimakamkan, Jasad Mbah Soewardi Masih Utuh':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)