12 Ribu Santri Pasuruan Rapid Antigen, 6 Positif COVID-19

Muhajir Arifin - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 22:19 WIB
Sekitar 11 ribu santri di Kabupaten Pasuruan akan kembali ke ponpes. Mereka bisa mendapatkan rapid antigen gratis sebelum kembali ke ponpes.
Santri di Pasuruan dirapid antigen (Foto: Muhajir Arifin/file)
Pasuruan -

Sebanyak 12.000 lebih santri Kabupaten Pasuruan telah mengikuti tes rapid antigen. Belasan ribu santri ini mendapat layanan rapid antigen gratis sebelum kembali ke pesantren masing-masing.

Dari jumlah itu, hanya 6 orang yang positif. 6 itu berasal dari Kecamatan Rejoso, Rembang, Purwodadi, Wonorejo masing-masing satu orang dan dari Kecamatan Kejayan 2 orang.

"Santri-santri yang positif saat rapid antigen langsung dikarantina di Pandaan dan mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sementara keluarga dan kontak erat kita tracing dan testing," kata Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf, Minggu (30/5/2021).

12.000 ribu santri yang mendapatkan rapid antigen gratis terdiri dari kurang lebih 11.000 santri lama dan selebihnya santri baru. Mereka santri di ponpes di dalam kota dan luar kota.

"Mereka santri Ploso dan Lirboyo, Sarang Rembang, Langitan dan Jombang. Kalau dalam kota santri Sidogiri, Alyasini dan lainnya," terang Gus Irsyad.

Kesadaran santri mengikuti tes rapid antigen sangat tinggi. Pihak Pemkab sebelum memberikan sosialisasi ke desa, kecamatan hingga pesantren.

Santri yang ingin rapid antigen gratis cukup datang ke puskesmas masing-masing dan membawa surat atau kartu santri serta keterangan dari pihak desa.

(iwd/iwd)