Round-Up

Fakta-fakta Kasus Pembantaian Anjing di Pacitan hingga Berakhir Damai

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 26 Mei 2021 07:33 WIB
Polisi Pacitan Olah TKP Anjing Mati Diduga Dibunuh dan dibantai
Lokasi pembantaian belasan anjing di Pacitan (Foto file: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Surabaya -

Sejumlah anjing peliharaan milik warga Pacitan diduga mati dibunuh. Peristiwa tersebut diduga terjadi di wilayah Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Informasi tersebut berawal dari unggahan akun Instagram. Antara lain berisi tiga foto terkait kejadian mengerikan itu. Dua foto anjing hidup dan satu lainnya gambar bangkai anjing.

"Lokasi pembantaian Hewan2 ini di area Barean dekat pacuan kuda berdekatan dengan Pantai Teleng Ria Pacitan Jawa timur," begitu bunyi keterangan di bawah foto.

Entah bagaimana ceritanya, konon satu di antara anjing tersebut menggigit kambing milik warga. Kejadian itu diduga menjadi pemicu aksi pembantaian terhadap binatang buas yang belum semuanya berusia dewasa.

Anjing tersebut dipukuli, dimasukkan ke lubang bekas cabutan pohon hingga dibakar. Polisi menyebut pembantaian ini dilakukan beramai-ramai. Dua penjaga rumah tak berani menghentikan aksi tersebut. Sebab, ada belasan orang yang mendatangi rumah hendak membantai anjing-anjing tersebut.

Ini fakta-fakta pembantaian belasan anjing, mulai pemeriksaan saksi, gandeng dokter hewan hingga menemukan bukti-bukti:

1. Belasan Anjing Dipukul Kayu hingga Dibakar
Polisi menyebut anjing-anjing itu sempat dipukul dengan kayu dan dimasukkan ke lubang bekas pohon yang dicabut, sebelum akhirnya dibakar. Kayu yang digunakan memukul anjing, juga dipakai membakar anjing.

"Di situ ada lubang yang cukup besar, ditimbunlah di situ kemudian dibakar karena ada kayu-kayu. Di situ sekaligus kayu yang dibuat memukul itu dibakar juga," imbuhnya.

Juwair membeberkan pemilik anjing tinggal di Desa Watukarung. Sedangkan anjing-anjing itu tidak tinggal dengan tuannya. Para anjing berada di sebuah rumah Kelurahan Sidoharjo dan dijaga orang lain.

Simak video 'Owa Mati Usai 'Diadu' dengan Anjing di Rumah Kapolres':

[Gambas:Video 20detik]