Kilas Balik Anjing di Pacitan Dibantai Berawal dari Viral hingga Berujung Damai

Purwo Sumodiharjo - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 17:22 WIB
Kasus Dugaan Pembantaian Anjing di Pacitan Berakhir Damai
Kapolres Pacitan usai mediasi kedua belah pihak (Foto: Purwo Sumodiharjo/detikcom)
Pacitan -

Sejumlah anjing peliharaan milik warga Pacitan mati viral di media sosial (Medsos). Peristiwa tersebut diduga terjadi di wilayah Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan. Aparat pun bergerak cepat menindaklanjuti kabar tersebut.

Polisi langsung mengumpulkan barang bukti dan minta keterangan saksi. Tidak itu saja, pemilik anjing juga sudah resmi melapor ke Polres Pacitan. Laporan tersebut menjadi dasar upaya penegakan hukum.

"Sudah. Pemilik anjing sudah melapor," terang Kasatreskrim Polres Pacitan AKP Juwair, kepada detikcom, Minggu (2/5/2021).

Dari rangkaian penyelidikan, lanjut Juwair pihaknya mendapati adanya fakta awal terkait pembantaian terhadap anjing. Pun begitu polisi belum memanggil pelaku maupun menentukan siapa tersangkanya. Hal itu baru dilakukan setelah gelar perkara.

"Nanti apabila sudah terpenuhi itu akan segera kita gelar karena untuk naik penyidikan," tandasnya.

Juwair membeberkan jika pemilik anjing tinggal di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Sedangkan anjing-anjing itu tidak tinggal dengan tuannya. Binatang dimaksud berada di sebuah rumah di Kelurahan Sidoharjo dan dijaga orang lain.

"Dirawat lah intinya. Jadi bukan anjing liar," terang Juwair.