Warga Jombang Temukan Sekarung Koin Kuno dan Keris Saat Gali Fondasi Rumah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 11:53 WIB
Satu karung koin kuno ditemukan warga saat menggali tanah untuk fondasi rumah di Jombang. Koin kuno tersebut ditemukan bersama keris, pisau dan mata tombak.
Satu karung koin kuno yang ditemukan/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Jombang -

Satu karung koin kuno ditemukan warga saat menggali tanah untuk fondasi rumah di Jombang. Koin kuno tersebut ditemukan bersama keris, pisau dan mata tombak.

Sulis Ariyanto (39) mengatakan, koin kuno ditemukan di pekarangan rumah ayah mertuanya, Suyitno di Dusun Betek Selatan, Desa Betek, Kecamatan Mojoagung pada Kamis (20/5) sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu, para pekerja sedang menggali tanah untuk membangun fondasi rumah adik iparnya.

Awalnya, penggalian di salah satu titik pekarangan hanya menemukan pecahan tembikar pada kedalaman sekitar 10 cm. Penggalian pun dilanjutkan hingga kedalaman 20 cm. Saat itulah para pekerja menemukan koin kuno dan beberapa senjata tajam.

"Koin kuno, sebuah keris lekuk 9, sebuah pisau dan mata tombak kami temukan di satu titik saja. Tidak ada pembungkusnya," kata Sulis kepada wartawan di lokasi penemuan, Jumat (21/5/2021).

Setelah diangkat dari tanah, koin kuno itu ditempatkan warga pada karung dan tiga ember kecil. Terdapat lubang persegi dan aksara China pada masing-masing permukaan koin. Sementara keris, pisau dan mata tombak ditemukan dalam kondisi sudah berkarat.

Satu karung koin kuno ditemukan warga saat menggali tanah untuk fondasi rumah di Jombang. Koin kuno tersebut ditemukan bersama keris, pisau dan mata tombak.Koin kuno, keris, pisau dan mata tombak/ Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

"Kemungkinan barang kuno semua. Pada koin tertera tahun 900an," terang Sulis.

Anggota Koramil Mojoagung berpangkat Sersan Satu itu menuturkan, saat ini koin kuno, keris, pisau dan mata tombak disimpan di rumah tetangga mertuanya. Menurut Sulis, baru kali ini ada temuan benda kuno di pekarangan mertuanya.

"Kami sudah melaporkan ke perangkat desa. Akan kami pasrahkan ke pihak berwenang," jelasnya.

Koordinator Juru Pelihara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang David Widodo mengecek temuan benda kuno di pekarangan Suyitno. Dia memperkirakan koin, pecahan tembikar, keris, pisau dan mata tombak tergolong benda cagar budaya (BCB).

"Ternyata di sini ditemukan beberapa objek yang diduga benda cagar budaya. Seperti pecahan gerabah, koin kuno, keris dan beberapa benda lainnya," cetusnya.

Temuan benda-benda kuno ini telah dia laporkan ke atasannya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. "Sudah saya laporkan ke atasan saya biar dikomunikasikan ke BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya Jatim) untuk ditindaklanjuti," tambahnya.

Simak juga 'Website Khastara: Kumpulan Manuskrip Kuno Jadi Digital Bikinan Perpusnas RI':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)