Kabupaten Blitar Tutup Semua Obyek Wisata Selama Libur Lebaran

Erliana Riady - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 09:41 WIB
obyek wisata di blitar ditutup
Surat edaran penutupan tempat wisata di Blitar (Foto: Tangkapan layar)
Blitar -

Pemkab Blitar akhirnya menerbitkan surat edaran (SE) penutupan semua obyek wisata selama libur lebaran. Penutupan dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai 17 Mei 2021.

Penutupan itu tertuang dalam SE 331/211/409.208/2021 tentang Peniadaan Aktivitas Tempat Wisata Seni dan Budaya di Tempat Umum Selama Libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Ada tiga hal yang ditiadakan selama libur lebaran tahun ini. Pertama, semua kegiatan pentas seni dan budaya yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Utamanya di tempat yang disediakan pemerintah, seperti alun-alun, RTH dan trotoar.

Kedua, agar seluruh tempat wisata tidak menyelenggarakan aktivitas (ditutup) selama libur lebaran. Dan ketiga, penutupan akan dilaksanakan selama lima hari. Yakni sejak tanggal 13 sampai 17 Mei 2021.

"Kita lebih pendek masa penutupannya dari instruksi Pemprov Jatim. Kalau Jatim dari tanggal 13 sampai 24 Mei. Kalau kami hanya sampai 17 Mei," kata Kabid Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Blitar, Arinal Huda, Rabu (12/5/2021).

Kabupaten Blitar merupakan wilayah ketiga di Jatim yang memutuskan menutup semua lokasi wisatanya. Sebelumnya, Pemda Probolinggo dan Lumajang telah terlebih dahulu menyampaikan keputusan itu.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memaparkan hasil rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang penanganan Lebaran 2021 selama pandemi Corona (11/5/2021). Salah satu keputusan menyatakan tempat wisata di zona merah dan oranye dilarang beroperasi selama libur Lebaran.

Kabupaten Blitar, saat ini masuk dalam zona oranye paparan Corona. Data Satgas COVID-19 Kabupaten Blitar, jumlah aktif terkonfirmasi positif COVID-19 per Selasa (11/5) sebanyak 102. Secara PPKM mikro, semua kecamatan yang berjumlah 22 merupakan zona merah paparan Corona.

Berbeda dengan kabupaten, Pemkot Blitar memutuskan masih membuka semua destinasi wisata. Namun pembatasan kapasitas jumlah pengunjung dan jam operasional diberlakukan dengan ketat.

"Lokasi wisata dibuka dengan pembatasan 6 jam dan kapasitas 25 persen. Kegiatan sosial budaya yang menimbulkan kerumunan juga dibatasi," pungkas Sekretaris Satgas COVID-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo.

Simak juga video 'Tempat Wisata Tetap Buka Meski Mudik Dilarang, Ini Kata Satgas':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)