49 Obyek Wisata di Probolinggo Tutup Selama Libur Ramadhan

M Rofiq - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 14:45 WIB
obyek wisata di probolinggo ditutup
49 Obyek wisata di Probolinggo ditutup selama liburan lebaran (Foto: Tangkapan layar)
Probolinggo -

Pemkab Probolinggo menutup 49 obyek wisatanya. Penutupan dilakukan untuk meniadakan kerumunan demi mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Penutupan dilakukan melalui surat edaran Bupati Probolinggo No. 566/ 356/ 426.118/ 2021, perihal penutupan sementara obyek wisata selama 11 hari, dimulai tanggal 13 Mei sampai 23 Mei 2021.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Pariwisata Dan Kebudayaan (Disporaparbud) Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari menginstruksikan kepada para camat untuk memerintahkan seluruh kepala desa dan lurah, untuk berkoordinasi dengan pengelola obyek wisata di desa maupun di kelurahannya, untuk menutup sementara aktivitas di saat libur lebaran.

"Total ada 49 obyek wisata di Kabupaten Probolinggo ditutup sementara terhitung sejak tanggal 13 Mei sampai 23 Mei 2021 atau selama 11 hari. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi lonjakan kerumunan saat libur lebaran sehingga tak menjadi klaster baru di Probolinggo," ujar Sugeng kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Namun untuk wisata Gunung Bromo kata Sugeng, tetap buka. Karena pengelolaan Bromo dilakukan langsung oleh kementrian melalui TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru).

"Kami berharap semua pihak pengelola tempat wisata dan masyarakat untuk patuh terhadap Instruksi Bupati Probolinggo," kata Sugeng.

(iwd/iwd)