Wisata Surabaya Buka Selama Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung Jadi Sorotan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 17:34 WIB
Di hari pertama 2021, banyak masyarakat yang memilih berlibur ke Kebun Binatang Surabaya (KBS). Diperkirakan, total pengunjung hari ini mencapai 4.000 orang.
Kebun Binatang Surabaya (KBS)/Foto file: Esti Widiyana
Surabaya -

Wisata di Surabaya buka selama libur Lebaran. Jumlah pengunjung serta prokes jadi perhatian polisi dan Satgas COVID-19.

"Tempat wisata, kita tetap koordinasi dengan pengurus, kayak di Bonbin (Kebun Binatang Surabaya) untuk mengatur proses pemesan tiket. Tetap kita kontrol jumlah pengunjung bersama-sama pengelola," kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Jhony Eddizon Isir kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Isir menambahkan, jika jumlah pengunjung sudah mencapai 50 persen dari kapasitas, pengunjung tidak boleh terus masuk. Itu harus dilakukan agar tidak terjadi kerumunan.

"Jadi kalau lebih dari 50 persen di dalam ya tidak boleh. Jadi tetap mengatur jumlah kapasitas, mengatur jumlah flow. Jangan nanti mengumpul di dalam jadi satu titik, tidak boleh," ungkap Isir.

Untuk pengawasan di tempat wisata, petugas kepolisian yang berada di pos pengamanan dan pelayanan depan Kebun Binatang Surabaya, akan dikerahkan untuk memonitoring langsung.

"Ada, jadi nanti petugas yang berada di pos pam dan pos yan di situ, yang nanti job deskripsinya akan melakukan patroli di dalam, bersama-sama dengan satgas mandiri dari pengelola," ungkap Isir.

Isir menegaskan, masyarakat boleh beraktivitas. Namun tetap menjalankan protokol kesehatan ketat sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Intinya masyarakat boleh beraktivitas. Tapi dengan protokol kesehatan. Memperhatikan jumlah kapasitas, memperhatikan jarak, memakai masker, rajin-rajin cuci tangan. Ketika nanti jumlah kapasitas sudah 50 persen, ayo tunggu nanti ada yang keluar nanti akan diatur lagi. Kita ingin warga Kota Surabaya sehat dan selamat (dari COVID-19)," pungkas Isir.

Lihat juga Video: Libur Lebaran, 36 Tempat Wisata Purwakarta Diperbolehkan Buka

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)