Jelang Lebaran, Irwasum Polri Ingatkan Polda Jatim Awasi Mal hingga Tempat Wisata

Hilda Meilisa - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 17:28 WIB
Tim supervisi Mabes Polri di bawah pimpinan Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto mengecek Operasi Ketupat Semeru di Jawa Timur. Agung mengingatkan petugas agar meningkatkan pengamanan di tempat wisata hingga mal
Foto: Istimewa (Dok Polda Jatim)
Surabaya -

Tim supervisi Mabes Polri di bawah pimpinan Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto mengecek Operasi Ketupat Semeru di Jawa Timur. Agung mengingatkan petugas agar meningkatkan pengamanan di tempat wisata hingga mal.

Agung mengatakan penyekatan mudik di wilayah Polda Jatim dinilai berhasil meminimalisir mobilitas masyarakat. Namun, penting dilakukan pengawasan ke tempat wisata hingga mal. Agung menilai karena larangan mudik 2021, masyarakat dikhawatirkan melampiaskan ke tempat wisata.

"Karena mereka sudah tidak boleh keluar rumah, tidak boleh berpindah-pindah kota, Nah itu lampiasannya di tempat wisata. Seperti di Jakarta sekarang. Kan tidak boleh mudik. Itu di mal penuh. Jadi tolong dikawal tempat-tempat wisata untuk terus menerapkan protokol kesehatan," pesan Agung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Senin (10/5/2021).

"Tim Supervisi Mabes Polri dibagi ke Polda-Polda, karena ini sudah mendekati di hari-hari terakhir puasa tentu pasca Lebaran Idul Fitri 2021 biasanya banyak yang berkunjung ke tempat wisata," imbuhnya.

Usai dari Polda Jatim, Agung juga menyempatkan diri melakukan pengecekan penerapan prokes di beberapa tempat wisata di Jatim.

"Oleh karena itu, kita cek standar protokol kesehatan di lokasi-lokasi wisata, dan alhamdulillah tadi hasil pengecekan kami di Taman Safari Prigen, kemudian di Jatim Park 3 dan Museum Angkut sudah memenuhi standar SOP dari satgas COVID-19," ungkap Agung.

Agung juga pada manajemen tempat wisata, agar lebih mencegah terjadinya kerumunan. Hal ini bisa dilakukan dengan kerja sama dengan satgas COVID-19 di masing-masing daerah.

Lihat Video: Libur Lebaran, 36 Tempat Wisata Purwakarta Diperbolehkan Buka

[Gambas:Video 20detik]