Banyak Pedagang dan Pembeli Pasar Blambangan Banyuwangi Tak Bermasker

Ardian Fanani - detikNews
Senin, 10 Mei 2021 13:24 WIB
Di Pasar Blambangan Banyuwangi, banyak pedagang dan pembeli yang tak menggunakan masker. Mereka mengabaikan prokes di tengah pandemi COVID-19.
Pedagang dan pembeli Pasar Blambangan di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi -

Di Pasar Blambangan Banyuwangi, banyak pedagang dan pembeli yang tak menggunakan masker. Mereka mengabaikan prokes di tengah pandemi COVID-19.

Potret itu terpantau saat sidak yang dilakukan Dinas Pertanian. Petugas juga melakukan imbauan dan membagikan masker.

"Bapak Ibu, maskernya mana? Kok tidak pakai masker ini. COVID masih ada loh Pak Bu," ujar Arief Setiawan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi mengingatkan pedagang dan pembeli di pasar, Senin (10/5/2021).

Tanpa segan, Arief juga menegur dengan sedikit keras, pedagang yang enggan menggunakan masker. "Ayo Bu, uangnya ditaruh dulu. Maskernya dipakai. Jangan sampai kena virus Corona ya Bu. Apalagi pasar lagi ramai," imbuhnya.

Sebagian pedagang dan pembeli mengenakan masker. Ada pula yang tak mengindahkan seruan petugas dari Dinas Pertanian untuk mematuhi protokol kesehatan. Petugas kemudian membagikan masker kepada pedagang dan pembeli.

"Ayo ini maskernya dipakai. Tolong Bapak dan ibu pakai maskernya," ujar petugas.

Sutini, penjual ikan mengaku tak memakai masker karena merasa sulit bernapas. Sebab, aktivitasnya memotong ikan butuh tenaga ekstra sehingga membutuhkan udara bebas.

"Saya tak bisa pakai ini (masker) karena gak bisa bebas napas. Selain itu juga gampang kotor maskernya. Bau ikan," ujarnya.

Terkait kasus COVID-19, Banyuwangi baru saja digegerkan dengan adanya klaster tarawih di Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo. Ada 53 orang terpapar COVID-19. Enam di antaranya meninggal dunia.

Lihat juga video 'Pasar Klithikan Solo Membludak, Pengunjung Berdesakan':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)