Catat, Ini Tanggal Penyekatan Mudik di Jawa Timur

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 16:15 WIB
kawasan bundaran waru jelang penyekatan mudik lebaran
Petugas periksa pengendara motor (Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom)

Lalu, untuk penyekatan di perbatasan provinsi atau perbatasan kabupaten kota, Latif mengatakan akan dilakukan mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

"Untuk tanggal 6 sampai 17 Mei dilakukan penyekatan, jadi sudah tidak ada kegiatan masyarakat untuk transportasi. Kecuali kendaraan umum seperti pembawa barang, BBM, bahan-bahan pokok dan kendaraan emergency," tambah Latif.

Lalu, bagaimana dengan kendaraan pribadi? Latif menyebut kendaraan pribadi masih boleh melintas jika memenuhi sejumlah persyaratan.

"Kendaraan pribadi masih diperbolehkan yaitu jika melakukan perjalanan dinas dan kegiatan masyarakat yang memang emergency seperti membawa ibu hamil, apa yang hendak melahirkan. Ini nantinya surat akan dikeluarkan dari lurah setempat," jelas Latif.

Di kesempatan yang sama, Latif mengatakan pihaknya sudah siap melakukan penyekatan pada masyarakat yang nekat mudik. Latif juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah ini.

"Di wilayah Jawa Timur, kami sudah siap melakukan instruksi pemerintah dari adanya larangan mudik lebaran. Tentunya ini merupakan konsekuensi bagi kita semua untuk mematuhi aturan ini karena tujuan dari pemerintah ini sangat baik untuk menjaga keselamatan masyarakat. Oleh sebab itu dari jajaran Polda Jawa Timur, kami melaksanakan langkah-langkah tentunya yang pertama sosialisasi yang sudah kita lakukan. Besok kami juga akan melakukan gelar pasukan," pungkasnya.

Halaman

(hil/fat)