9 KA Lokal dan Jarak Jauh Akan Beroperasi 6-17 Mei, Ini Rinciannya

Esti Widiyana - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 15:49 WIB
penumpang di stasiun gubeng
KA di Stasiun Gubeng (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) tetap mengoperasikan KA jarak jauh periode 6-17 Mei 2021. Namun keberangkatan KA hanya berlaku bagi perjalanan mendesak dan bukan untuk mudik 2021. PT KA Daop 8 Surabaya sendiri akan mengoperasikan 9 KA Jarak Jauh.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengaku tiket KA bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access, web KAI, aplikasi mitra resmi KAI. Khusus bagi pembelian tiket on the spot atau di loket stasiun tetap akan dilayani 3 jam sebelum keberangkatan.

"Jumlah KA yang kami operasikan memang hanya terbatas untuk mengakomodir pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non mudik. KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai aturan dan hanya menjual tiket sebanyak 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia," kata Luqman saat ditemui detikcom di Stasiun Gubeng, Selasa (4/5/2021).

Sedangkan untuk perjalanan KA Lokal, terdapat 4 KA yang dioperasikan. Namun dilakukan pembatasan pada jam operasional, yakni keberangkatan dari stasiun awal maksimal pukul 20.00 WIB.

Luqman menjelaskan, KA jarak jauh maupun KA lokal yang dijalankan telah mendapat izin dari pemerintah. KAI pun mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran COVID-19 pada moda transportasi kereta api.

"KAI selalu mengoperasikan KA sesuai pedoman dari Peraturan Menteri dan Surat Edaran yang dikeluarkan pemerintah. Kami berharap masyarakat dapat tetap membatasi mobilitasnya serta tidak mudik tahun ini," pungkasnya.

Simak Video: Catat! Syarat Naik Kereta Jarak Jauh Selama Larangan Mudik

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2