Catat, Ini Tanggal Penyekatan Mudik di Jawa Timur

Hilda Meilisa - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 16:15 WIB
kawasan bundaran waru jelang penyekatan mudik lebaran
Petugas periksa pengendara motor (Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Pemerintah melarang mudik lebaran 2021. Di Jawa Timur, sejumlah persiapan dari Polda Jatim dan jajaran telah dilakukan penyekatan mudik.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Latif Usman memaparkan pihaknya telah melakukan pengetatan pergerakan masyarakat. Pengetatan ini dilakukan mulai tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021.

"Sejak tanggal 22 Artil kemarin kita sudah melakukan kegiatan di antaranya pengetatan. Nanti itu dilakukan sampai tanggal 5 Mei," papar Latif saat dihubungi detikcom di Surabaya, Selasa (4/5/2021).

Dalam pengetatan, masyarakat masih bisa bepergian antarprovinsi atau antarkota/kabupaten. Namun, harus membawa persyaratan surat bebas COVID-19.

"Di sini tentunya orang masih bisa melakukan perjalanan tetapi ada ketentuan persyaratan yaitu apabila menggunakan kendaraan harus membawa surat bebas COVID-19. Nah ini tentunya yang harus dilakukan, baik dari angkutan pribadi atau umum harus membawa itu," ungkap Latif.

"Untuk memastikan orang-orang sudah membawa surat itu, khusus angkutan ini kita sudah kerjasama dengan Dinas Perhubungan, orang yang naik kendaraan di terminal wajib dicek betul membawa surat bebas COVID-19. Untuk kendaraan pribadi juga diharapkan kesadarannya sudah melengkapi surat itu, karena kami juga akan melakukan pengecekan di tempat-tempat cek poin yang sudah kita dirikan," lanjutnya.

Lihat juga Video: Tiga Mobil Travel Gelap Terjaring Penyekatan di Purwakarta

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2