Dua Kru KRI Nanggala-402 Berasal dari Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 15:17 WIB
Lanal Banyuwangi
Lanal Banuwangi (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi -

Dua warga Banyuwangi berada di dalam kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan Bali. Mereka adalah kru kapal yang juga prajurit TNI AL.

Kedua prajurit TNI AL yang berasal dari Banyuwangi itu adalah Serda Ede Pandu Yudha Kusuma dan Sertu Mes Dedi Hari Susilo.

Keluarga Sertu Mes Dedi Hari Susilo sudah berada di Lanal Banyuwangi sekira pukul 09.30 WIB, Kamis, (22/4/2021). Sejak pagi, Sudarmaji, ayah dari Sertu Mes Dedi Hari Susilo berada di Lanal Banyuwangi untuk mendapatkan kabar terkini terkait kondisi anaknya.

"Belum ada kabar. Saya sejak pagi di Lanal (Banyuwangi)," jelasnya kepada wartawan melalui sambungan telepon.

Sudarmaji mengaku datang ke Lanal Banyuwangi bersama keluarganya. Termasuk istri dari Sertu Mes Dedi Hari Susilo. Dia mengaku saat ini hanya bisa pasrah dan mendoakan semoga semua baik-baik.

Sudarmadji mengaku pasrah dan berdoa bersama keluarga agar ada kabar baik dari anaknya yang menjadi salah satu kru di KRI Nanggala-402.

"Kami hanya bisa berdoa, agar ada kabar terbaik dari hilangnya KRI Nanggala-402, yang membawa anak saya dan semua crew bisa selamat," harap Sudarmadji.

Berdasarkan data manives ada 53 personel yang mengikuti pelayaran KRI Nanggala-402 dalam latihan perang di perairan Bali, terdapat nama Sertu Dedi Hadi Susilo dan Serda Pandu Yudha Kusuma yang merupakan warga yang berdomisili di Banyuwangi.

Sebagai informasi, KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan Bali, Rabu (21/4/2021). Saat ini sudah ada 6 Kapal Republik Indonesia (KRI) berada di perairan Banyuwangi. Di antaranya KRI Hiu, KRI Singa, KRI Layang, KRI Satsuit Tubun, KRI Hasan Basri, dan KRI Suharso, dalam membantu percarian kapal selam yang di produksi Jerman 1979 tersebut.

(iwd/iwd)