Gempa Malang Rusak 5 Rumah dan 1 Musala di 2 Kecamatan Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 21:55 WIB
gempa malang
Rumah warga yang rusak di Probolinggo (Foto: Istimewa)
Probolinggo -

Gempa Malang M 6,1 merusak sejumlah bangunan di Proolinggo. Jumlah bangunan yang rusak ada di dua kecamatan.

Dua kecamatan itu adalah kecamatan Sumber dan Kecamatan Tiris. Sedangkan bangunan yang rusak terdiri dari 5 rumah dan 1 musala.

Rinciannya, kerusakan di Kecamatan Sumber adalah 4 rumah masing-masing di Desa Gemito, Tukul, Candi, dan Pandansari. Serta 1 musala. Sementara kerusakan di Kecamatan Tiris adalah 1 rumah yang ada di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andungbiru.

"Untuk wilayah Kabupaten Probolinggo total ada 5 rumah dan 1 musala di 2 kecamatan. Kami masih melakukan pengembangan data dari petugas BPBD, relawan dan kades-kades di wilayah Kabupaten Probolinggo," ujar Plt BPBD Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo saat dihubungi detikcom, Sabtu (10/4/2021).

Tutug mengatakan pihaknya berharap warga dan kepala desa untuk segera melapor jika ada kerusakan material akibat gempa Malang ini.

"Kami mohon dengan hormat untuk laporan perkembangan dampak gempa ini, baik relawan, masyarakat dan para kades jika ada korban. Yang jelas tidak ada korban jiwa" tegas Tutug.

Kapolres Probolinggo AKBP Ferdy Irawan memerintahkan jajaran anggotanya di seluruh polsek-polsek untuk mencari data korban material akibat gempa, dan membantu para korban gempa.

"Kami perintahkan anggota dan perwira di seluruh polsek-polsek untuk membantu mencari data dan korban rumah rusak, dan laporkan ke BPBD Probolinggo. Dan bantu para korban melakukan perbaikan. Dan jajaran Polres Probolinggo siap akan bergotong royong Minggu (11/4) besok, untuk bantu para korban," kata Ferdy.

Dan untuk wilayah Kota Probolinggo, hingga saat ini tidak ada rumah rusak. Hanya ada barang pecah di swalayan dan pasar-pasar tradisional.

(iwd/iwd)