Polisi Kejar Pemilik Koper Misterius yang Sempat Diduga Berisi Bom

Enggran Eko Budianto - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 22:09 WIB
Koper misterius yang ditipkan pria tak dikenal di warung gado-gado, Desa Tunggalpager, Pungging, Mojokerto dipastikan tidak berisi bom. Polisi masih memburu pemilik koper tersebut untuk mengungkap motifnya.
Lokasi koper misterius yang ditipkan pria tak dikenal/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto - Koper misterius yang dititipkan pria tak dikenal di warung gado-gado, Desa Tunggalpager, Pungging, Mojokerto dipastikan tidak berisi bom. Polisi masih memburu pemilik koper tersebut untuk mengungkap motifnya.

Tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Gegana Satbrimob Polda Jatim tiba di lokasi sekitar pukul 18.34 WIB. Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander didampingi Serdik Sespimen Polri Dikreg 61 Kompol David Prasojo menghalau warga agar menjauh dari lokasi.

Menggunakan garis polisi, sejumlah anggota Polres Mojokerto bersenjata lengkap menutup Jalan Brawijaya, Dusun Ketok, Desa Tunggalpager tempat koper misterius. Sehingga warga sekitar hanya bisa menyaksikan pemeriksaan koper dari jarak sekitar 50 meter.

Seorang anggota Tim Jihandak memakai baju antiledakan memeriksa koper yang berada di teras Salon Safira. Pemeriksaan berlangsung hampir satu jam. Polisi penjinak bom akhirnya mengambil koper misterius itu untuk diserahkan ke Polres Mojokerto.

"Setelah dilakukan pengecekan menggunakan Xray, koper tersebut berisi pakaian dan beberapa perlengkapan milik orang yang meninggalkan koper tersebut. Sehingga Tim Jihandak memastikan klir, tidak ada bahan-bahan berbahaya. Malam ini saya menyampaikan wilayah Kabupaten Mojokerto dalam kondisi aman," kata Dony kepada wartawan di lokasi, Selasa (6/4/2021).

Meski begitu, lanjut Dony, tim dari Satreskrim dan Satintelkam Polres Mojokerto melanjutkan penyelidikan untuk menemukan pemilik koper tersebut. Pihaknya akan mengungkap motif pria yang belum diketahui identitasnya itu, menitipkan koper di warung gado-gado hingga membuat takut masyarakat.

"Tim kami dari reserse masih melakukan penyelidikan koper tersebut milik siapa. Kalau ketemu, kami interogasi sehingga motifnya bisa terjawab. Apa penyebab yang bersangkutan meninggalkan koper tersebut, disengaja atau tidak," tandasnya.

Koper misterius berwarna silver itu dititipkan seorang pria tak dikenal di warung gado-gado milik Safira Fatmawati (18), Jalan Brawijaya, Dusun Ketok, Desa Tunggalpager siang tadi sekitar pukul 11.30 WIB. Warung gado-gado itu berada di depan kantor Kecamatan Pungging.

Safira sempat memindahkan koper dari warungnya ke teras Salon Safira agar tidak kehujanan. Dia melaporkan keberadaan koper tersebut ke Ketua RT setempat karena pemiliknya tak kunjung kembali sekitar pukul 16.00 WIB. Gadis berkacamata ini takut koper itu berisi bom atau narkoba.

Lihat juga video saat 'Benda Mencurigakan di Depan GPIB Effatha, Garis 'Danger' Terpasang':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)