Pemkab Malang Targetkan 163 Ribu Lansia Masuk Prioritas Vaksinasi COVID-19

Muhammad Aminudin - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 16:55 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo/Foto: Muhammad Aminudin/detikcom
Malang -

Pemkab Malang menggulirkan program vaksinasi COVID-19 terhadap lansia. Pemkab menargetkan 163 ribu lansia menerima vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo mengatakan, lansia bisa menerima vaksinasi COVID-19 dengan memenuhi beberapa kriteria.

"Syaratnya tidak memiliki komorbid, punya efek penyerta selesai vaksinasi bagi warga yang berusia 60 tahun ke atas," kata Arbani kepada wartawan, Senin (5/4/2021).

Bagi lansia yang ingin mengikuti vaksinasi, mereka atau keluarganya bisa mendaftar sebagai calon penerima vaksin COVID-19, dengan mengakses situs resmi Kementerian Kesehatan, www.kemkes.go.id.

"Setelah terdaftar, nantinya Dinas Kesehatan Kabupaten Malang akan mendapatkan data tersebut dan menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia," ungkap Arbani.

Arbani menambahkan, kelompok lansia memang mendapat prioritas dalam vaksinasi COVID-19. Sebab mereka merupakan salah satu yang paling rentan terpapar virus.

"Pemerintah berharap lansia-lansia ini kalau sudah divaksinasi tidak sakit. Makanya lansia yang disasar adalah yang tidak komorbid," imbuhnya.

Selain itu, pemerintah juga membuka kesempatan bagi lansia yang akan pergi beribadah ke tanah suci Mekah, untuk mendapatkan suntikan vaksin terlebih dahulu. "Lansia prioritas vaksin COVID-19 juga yang menjadi jemaah haji tahun 2021," pungkasnya.

(sun/bdh)