Jumlah Penumpang Terminal Bungurasih Naik Saat Long Weekend, Tapi...

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 12:43 WIB
Jumlah penumpang di Terminal Purabaya Surabaya naik saat long weekend. Tapi masih di bawah rata-rata harian sebelum pandemi COVID-19.
Penumpang di Terminal Purabaya Surabaya/Foto: Deny Prastyo Utomo
Sidoarjo -

Jumlah penumpang di Terminal Purabaya Surabaya naik saat long weekend. Tapi masih di bawah rata-rata harian sebelum pandemi COVID-19.

Kepala Terminal Purabaya di Bungurasih-Sidoarjo, Imam Hidayat mengatakan, selama libur Paskah jumlah penumpang yang turun di terminal tersebut mengalami kenaikan.

"Itu pas Hari Kamis malam Jumat, mengalami kenaikan. Tapi tidak seperti hari-hari biasanya normal. Sekitar 10 ribu penumpang. Hari-hari biasa sekitar 5 sampai 6 ribu penumpang. Ada kenaikan sedikit. Tapi saat hari-hari normal per harinya bisa sampai 28 ribu," kata Imam kepada detikcom, Senin (5/4/2021).

Sedangkan saat weekend sebelum pandemi COVID-19, Imam menyebut, jumlah penumpang yang turun di Terminal Bungurasih bisa mencapai 35-45 ribu penumpang. Namun kini hanya berkisar 7 ribu hingga 9 ribu penumpang.

Sedangkan jumlah armada bus saat kondisi normal bisa mencapai 1.500 yang beroperasi. "Sekarang 500 sampai 600 armada yang beroperasi. Kenaikan hanya di penumpang. Tapi armada yang beroperasi tidak seperti hari-hari normal," lanjut Imam.

Imam juga belum bisa memastikan, apakah penurunan penumpang terjadi akibat calon penumpang masih takut Corona. Menurutnya, protokol kesehatan sudah ketat dijalankan di Terminal Bungurasih.

"Kalau ini ada ketakutan atau apa dari penumpang kita nggak tahu dari penumpang sendiri. Apalagi ada info pemeriksaan, ada info tutup (penutupan terminal), sama surat rapid test, nyatanya kan tidak ada. Hanya pemeriksaan prokes saja seperti cuci tangan dan pakai masker," ungkap Imam.

Setiap bus di Terminal Purabaya, Imam memastikan, sebelum dan sesudah beroperasi selalu dilakukan penyemprotan disinfektan dan perlengkapan hand sanitizer.

"Kalau dari armada, dari PO-nya sendiri keluar dari terminal juga disemprot. Masuk ke garasi itu sendiri juga disemprot (disinfektan). Untuk kru bus itu sendiri dibekali hand sanitizer sama masker. Untuk kru ada yang tidak pakai masker oleh PO-nya sendiri tidak boleh berjalan beberapa bulan," ungkap Imam.

Untuk itu, Imam mengimbau calon penumpang bus di Terminal Bungurasih untuk tidak takut naik bus. Sebab protokol kesehatan sudah dijalankan, fasilitas cuci tangan, thermal camera juga sudah disiapkan.

"Iya tidak perlu takut, untuk armadanya sendiri sudah disemprot disinfektan," pungkas Imam.

Simak juga 'Long Weekend Libur Paskah, Bandara Ngurah Rai Layani 47.581 Penumpang'':

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)