Jumlah Penumpang Kereta di Daop 8 Tak Naik Signifikan Selama Long Weekend

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 21:42 WIB
Pada long weekend kali ini, jumlah penumpang kereta di Daop 8 Surabaya tak mengalami kenaikan yang signifikan. Artinya, jumlah penumpang kereta masih normal seperti biasanya.
Penumpang di Stasiun Gubeng/Foto: Istimewa
Surabaya -

Pada long weekend kali ini, jumlah penumpang kereta di Daop 8 Surabaya tak mengalami kenaikan yang signifikan. Artinya, jumlah penumpang kereta masih normal seperti biasanya.

"Kereta api tidak ada kenaikan penumpang yang signifikan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif saat dikonfirmasi detikcom di Surabaya, Minggu (4/4/2021).

Kendati demikian, Luqman mengatakan pihaknya tetap tegas dalam menerapkan protokol kesehatan di dalam kereta. Luqman menyebut pihaknya telah menerapkan aturan baru tentang hasil pemeriksaan GeNose C19 yang hanya berlaku sehari.

"Yang berbeda adalah masa pemberlakuan hasil tes GeNose. Sekarang 1x24 jam setelah pengambilan tes, sesuai SE No 27 Kemenhub," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Luqman juga mengingatkan masyarakat senantiasa disiplin menerapkan prokes saat di dalam kereta.

"KAI berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan, serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 pada transportasi kereta api," papar Luqman.

Selain itu, setiap pelanggan KA jarak jauh harus dalam kondisi sehat atau tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Luqman menambahkan, untuk mencegah penyebaran COVID-19, setiap pelanggan KA wajib mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

(sun/bdh)