Polisi Nganjuk Blusukan ke Gereja Selama Paskah

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 09:19 WIB
Perayaan Paskah berlangsung hingga hari ini. Polisi bersama TNI dan instansi Pemerintah Kabupaten Nganjuk terus blusukan ke gereja.
Pengamanan perayaan Paskah di Nganjuk/Foto: Istimewa
Nganjuk -

Perayaan Paskah berlangsung hingga hari ini. Polisi bersama TNI dan instansi Pemerintah Kabupaten Nganjuk terus blusukan ke gereja.

"Jadi hingga saat ini kita masih melakukan blusukan ke setiap gereja seiring masih ada peringatan Paskah," ujar Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi Agung Pratama saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (4/4/2021).

Dalam blusukan tersebut, kata Harvi, melibatkan Tim Brimob yang melakukan pengecekan gereja dengan metal detector. Setiap jemaat yang hendak ke gereja juga dilakukan pemeriksaan ketat.

"Sebelum kegiatan jemaat dimulai kita selalu cek melibatkan Brimob membawa metal detector untuk antisipasi adanya bahan peledak," katanya.

Harvi mengatakan, rangkaian perayaan Paskah sudah dimulai sejak Jumat (2/4). Penjagaan gereja dilakukan selama 24 jam.

"Kita patroli bersama tiga pilar bersama Dandim 0810 dan Sekda Kabupaten Nganjuk ke beberapa gereja di Nganjuk, dalam rangka mengecek pengamanan Perayaan Paskah sejak sehari sebelum Paskah. Untuk penjagaan juga 24 jam pemantauan," imbuhnya.

"Patroli tiga pilar ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para jamaat pada saat melaksanakan ibadah, serta guna mengantisipasi potensi kerawanan seperti aksi teror dan Harkamtibmas lainnya," imbuh Harvi.

Sejumlah gereja yang menjadi sasaran blusukan seperti Gereja GSJA di Jalan Kartini 45 dan Gereja Katolik Stasi Santo Petrus di Kelurahan Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom. Kemudian Gereja Katolik Santo Hubertus di Kelurahan Banaran, Kecamatan Kertosono dan GKJW di Kecamatan Kertosono.

(sun/bdh)