Seekor Paus Orca Ditemukan Mati di Pantai Bangsring Banyuwangi

Seekor Paus Orca Ditemukan Mati di Pantai Bangsring Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 21:43 WIB
Seekor paus pembunuh, orca ditemukan mati terdampar di Perairan Pantai Bangsring, Banyuwangi. Temuan ini langsung dilaporkan ke Satpolairud Polresta Banyuwangi.
Paus orca mati di Pantai Bangsring (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Sebelumnya, predator laut laut yang memiliki corak warna hitam dan putih di tubuhnya ini, sehari sebelumnya sempat diketahui warga masih dalam kondisi hidup terombang ambing kebingungan di perairan Selat Bali.

Oleh nelayan setempat, paus yang tak biasa terdampar di Selat Bali ini terus digiring ke tengah laut agar bisa kembali bertemu dengan kelompoknya.

Namun sayang, upaya pertolongan yang dilakukan nelayan ini tak berhasil menyelamatkan nyawa sang predator.

"Sempat digiring ke tengah kemarin. Tapi ini tadi sudah sampai di pinggir Pantai jadi bangkai," ujar Dani, nelayan lain.

Warga berharap agar pihak terkait segera menindaklanjuti temuan ini. Dikhawatirkan, jika bangkai dibiarkan di tepi pantai akan menganggu aktivitas warga yang ada di kawasan pesisir pantai.

Warga berharap agar paus berukuran jumbo ini bisa segera dievakuasi dengan alat berat untuk selanjutnya dikubur atau opsi lain yakni agar bangkai paus ditarik ke tengah laut agar dimakan biota laut lainnya.

"Kita harap segera dipindah karena ini dekat dengan destinasi wisata," pungkasnya.


(fat/fat)