Nelayan Ramai-ramai Bebaskan Paus yang Terdampar di Perairan Tuban

Ainur Rofiq - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 21:21 WIB
Paus Terdampar di Laut Tuban
Paus terdampar di perairan Tuban dibebaskan (Foto: Istimewa)
Tuban -

Paus berukuran besar terdampar di sekitar perairan pantai utara Tuban, akhirnya berhasil dibebaskan. Nelayan menarik tubuh paus ke tengah laut. Tubuh paus diikat dengan tali, kemudian ditarik bersama-sama dengan perahu.

Evakuasi paus terdampar itu dilakukan, setelah nelayan yang mengetahui adanya ikan besar dan tidak bisa bergerak. Kondisi tubuh paus, sebagian besar masih terendam air dan membuatnya tak banyak bergerak. Mereka langsung menarik paus sepanjang sekitar 15 meter itu ke tengah laut.

"Sudah ditarik ke tengah laut oleh nelayan, kalau dibiarkan takut mati, jadi ramai-ramai tadi evakuasinya," kata Wasri, salah satu nelayan kepada wartawan, Sabtu (3/4/2021).

Evakuasi paus itu dilakukan hampir 30 menit. Nelayan menunggu air pasang, agar mudah menarik badan paus yang besar itu ke tengah laut.

"Dengan cara ditarik beramai-ramai oleh para nelayan untuk dibawa ke tengah laut," tambahnya.

Paus terdampar sekitar 500 meter dari bibir pantai di wilayah Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Sabtu (3/4/2021). Paus diketahui oleh para nelayan, saat akan menepi menyandarkan perahu setelah selesai melaut mencari ikan.

(fat/fat)