Terjerat Narkoba, Gaji Kepala Dinas Pangan Kota Malang Dipotong 50 Persen

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 17:57 WIB
polresta malang kota
5 Tersangka kasus narkoba termasuk Ade Herawanto (Foto: Istimewa)
Kota Malang -

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Malang Ade Herawanto terjerat kasus narkoba. Ade telah dibebaskan tugaskan dari jabatannya dan gajinya dipotong 50 persen.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2020 atas perubahan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen ASN mengatur pemberhentian sementara ASN karena tersangkut persoalan hukum.

Sesuai Pasal 276, ASN diberhentikan sementara karena ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana dan dilakukan penahanan.

Pemberhentian sementara terhitung sejak dilakukan penahanan berdasarkan Pasal 282, dan Pasal 276 huruf C, ASN yang diberhentikan tidak diberikan penghasilan.

PNS yang diberhentikan sementara sebagaimana dimaksud pada ayat 1 diberikan uang pemberhentian sementara.

"Uang pemberhentian sementara sebagaimana dimaksud pada ayat 2 Pasal 282 diberikan sebesar 50 persen dari penghasilan jabatan terakhir sebagai ASN, sebelum diberhentikan sementara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," tegas Sutiaji.

Ade berpotensi diberhentikan tidak hormat dari ASN jika pengadilan memutuskan bersalah melakukan tindak pidana dengan hukuman penjara paling singkat 2 tahun.

Hal ini tertuang dalam Pasal 283 huruf d PP Nomor 11 Tahun 2020 perubahan atas PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen ASN.

"Kami sudah melakukan telaah, pemberhentian sementara berlaku sampai adanya keputusan tetap pengadilan atau Inkrah," tegas Sutiaji.

Simak juga 'Dalam 20 Hari, 32 Tersangka Narkoba di Jambi Ditangkap!':

[Gambas:Video 20detik]