Jelang Paskah, Wali Kota Eri Gelar Pertemuan dengan Romo dan Pendeta

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 15:30 WIB
wali kota surabaya eri cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Jelang Hari Paskah, Wali Kota Eri Cahyadi akan berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya. Ini terkait keamanan dan kenyamanan selama ibadah di gereja-gereja.

Eri juga akan menggelar pertemuan dengan para romo dan pendeta di Surabaya. Rencananya pertemuan ini akan digelar besok, rabu (31/3/2021).

"Kemarin kita sudah koordinasi dengan Polrestabes Surabaya, kita sampaikan untuk keamanannya. Insya Allah kita besok ada pertemuan dengan para romo dan pendeta jadi persiapan paskah besok, jangan sampai kejadian di Makassar terjadi di Surabaya," kata Eri usai meninjau vaksinasi di Tunjungan Plaza Surabaya, Selasa (30/3/2021).

Eri berharap pelaksanaan paskah di gereja-gereja bisa berjalan lancar. Pihaknya ingin pemeriksaan jemaat lebih selektif, untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

"Sehingga bagaimana, jemaah masuk ke gereja itu sebelumnya dilakukan pemeriksaan. Jangan sampai mobil itu masuk di gerbangnya, sebelum masuk diperiksa dulu. Motor juga diperiksa dulu, baru gitu bisa masuk. Ini yang akan kita diskusikan," paparnya.

Dia menyebut beberapa gereja ada yang masih menggelar ibadah secara daring. Namun, ada yang sudah melaksanakan ibadah tatap muka.

"Tapi inilah yang saya katakan, tidak mungkin kita melarang, sama saja nanti ramadhan tidak boleh. Kita harus bersama-sama. Karena Surabaya ini adalah kota toleransi. Teman-teman muslim Insya Allah akan menjaga juga gereja-gereja, begitu juga sebaliknya. Sehingga ini menjadi tantangan buat kita, bagaimana, Insya Allah ibadah di Kota Surabaya harus nyaman," papar Eri.

"Jika perlu adanya kolaborasi, sinergi, perlu adanya koordinasi antara forkopimda, pemerintah kota dengan tempat-tempat ibadah di Kota Surabaya," pungkas Eri.

(fat/fat)