Polisi Diminta Hati-hati Agar Salah Gerebek Kolonel TNI AD Tak Terulang Lagi

Hilda Meilisa - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 13:44 WIB
Anggotanya Salah Gerebek Kolonel TNI AD, Kapolresta Malang Minta Maaf
Permintaan maaf Kapolresta Malang Kota kepada Kolonel Chb I Wayan Sudarsana (Foto: Istimewa)
Kota Malang -

Penggerebekan yang dilakukan anggota Satreskoba Polresta Malang Kota di Hotel Regent Park salah sasaran. Empat anggota menggerebek seorang kolonel TNI AD.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli mengatakan keempat anggota telah ditangani Propam Polresta Malang Kota. Gatot pun berpesan pada anggota Polda Jatim yang lain agar lebih hati-hati dan teliti dalam menjalankan tugas.

"Kami mengharapkan pada anggota yang di lapangan tetap sesuai SOP terutama dalam mengembangkan suatu kasus," kata Gatot di Surabaya, Jumat (26/3/2021).

Gatot menambahkan jika anggota mendapatkan informasi pengembangan kasus dari tersangka atau pelaku kejahatan, sebaiknya tidak ditelan mentah-mentah. Gatot meminta penyidik harus mendalami informasi tersebut.

"Jadi informasi yang diterima oleh petugas di lapangan dari para pelaku harus benar-benar digali dan didalami dengan baik. Sehingga tidak mudah percaya informasi dari tersangka yang kita amankan," imbuhnya.

Kendati telah dilakukan mediasi dan kolonel hingga pihak AD mau memaafkan, Gatot menyebut pihaknya tetap memberikan punishment pada anggota yang salah dalam SOP.

"Jadi benar kejadian itu, kami sudah melakukan mediasi dengan beliaunya. Sudah saling memaafkan, tapi di kami bukan sekadar mendapatkan maaf dari beliaunya. Tetap kita melakukan penyidikan terhadap anggota yang salah dalam SOP melakukan tindakan kepolisian," pungkasnya.

Sebelumnya, empat anggota reskoba yang salah sasaran melakukan penggerebekan pada Kamis (25/3/2021). Mereka menggerebek anggota TNI berpangkat kolonel, Kol Chb I Wayan Sudarsana (Kasubditbinbekhar Sdircab Pushubad). Saat itu dia sedang bertugas sebagai Pemeriksaan Materil Perbekalan dan Fasilitas (Rikmat Bekfas) TW I Tahun Anggaran 2021.

Simak juga 'Polres Tasik Gerebek Gudang Diduga Arena Judi Sabung Ayam':

[Gambas:Video 20detik]