Ini Hasil Pertemuan Disbudpar dengan Pengelola Eks Penjara Kalisosok Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 14:10 WIB
penjara kalisosok di surabaya
Eks bangunan Penjara Kalisosok (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)

Ke depannya, Antiek mengatakan pihaknya akan melakukan pembersihan kawasan, terutama menyelamatkan aset cagar budaya tersebut. Namun, kini masih dalam pembahasan dan akan diagendakan.

Karena untuk menyelamatkan aset tersebut, pihaknya akan berkonsultasi dan berdiskusi dengan berbagai pihak. Seperti para pemerhati dan pegiat sejarah yang sejauh ini telah terlibat.

"Para ahli dan komunitas juga kami libatkan nanti. Ini bentuk kolaborasi juga," pungkasnya.

Sebelumnya, warga Surabaya diramaikan dengan bangunan eks Penjara Kalisosok dengan kondisi temboknya dijebol orang tak bertanggung jawab. Padahal, bangunan tua di Jalan Kasuari No 5 Krembangan ini merupakan cagar budaya.

Jika dijadikan cagar budaya, artinya tidak boleh sama sekali dibongkar atau diubah bentuk bangunannya. Kasus ini sekarang sedang diselidiki Dinas Pariwisata Kota Surabaya.

Sebelumnya, eks Penjara Kalisosok dijebol orang tak dikenal dan di dalamnya ada pembangunan. Tembok yang dijebol itu kini ditutup dengan banner. Sayangnya, saat detikcom mendatangi penjara yang dulunya dibangun Pemerintah Belanda pada 1 September 1808 dengan biaya sebesar 8.000 gulden, tidak mendapat izin dari salah satu orang yang menjaga tempat tua tersebut.

Halaman

(hil/fat)