Ini Hasil Pertemuan Disbudpar dengan Pengelola Eks Penjara Kalisosok Surabaya

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 25 Mar 2021 14:10 WIB
penjara kalisosok di surabaya
Eks bangunan Penjara Kalisosok (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya memanggil pengelola eks Bangunan Penjara Kalisosok pada Rabu (17/3). Dalam pertemuan tersebut, menghasilkan sejumlah tuntutan.

Kepala Disbudpar Surabaya, Antiek Sugiharto mengatakan pihaknya menyampaikan beberapa tuntutan. Seperti meminta agar pengelola mengembalikan seperti semula tembok yang sempat dijebol. Kemudian menginstruksikan, agar bangunan yang belum jadi itu dibongkar dari kawasan Penjara Kalisosok.

"Hasil pertemuan dan tuntutan kami ini juga sudah kami sampaikan dalam surat yang kami kirimkan kepada pengelola bekas penjara kalisosok yang berada di Jakarta pada Jumat lalu (19/3)," jelas Antiek kepada detikcom di Surabaya, Kamis (25/3/2021).

Sementara pihak yang bersangkutan (Pengelola di eks Penjara Kalisosok) mengaku tidak mengetahui adanya tindakan penjebolan tembok. Pihak pengelola juga tidak tahu jika pembangunan tempat tinggal petak di dalam bangunan cagar budaya bertipe A itu dilarang.

"Ya dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada kami dan akan berjanji untuk memperbaiki bangunan yang telah dirusaknya," kata Antiek.

Selanjutnya
Halaman
1 2