Aktivitas Vulkanik Gunung Raung Masih Fluktuatif

Ardian Fanani - detikNews
Rabu, 24 Mar 2021 13:51 WIB
Aktivitas vulkanik Gunung Ruang meningkat. Abu vulkanik gunung setinggi 3.332 mdpl itu menyembur setinggi 1.200 meter.
Aktivitas vulkanik Gunung Raung sempat meningkat pada Selasa (23/3)/Foto file: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Aktivitas vulkanik Gunung Raung sempat meningkat pada Selasa (23/3), dengan mengeluarkan asap setinggi 1.200 meter. Erupsi terpantau fluktuatif.

Dalam data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) pada hari ini, erupsi Gunung Raung terpantau menurun. Itu terlihat dari kepulan asap yang muncul di atas puncak, yang mencapai 500 meter.

"Aktivitas fluktuatif. Kemarin sempat naik tapi kecil," ujar Burhan Alethea, petugas PPGA Raung kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Ia menambahkan, Gunung Raung jelas teramati hingga tertutup kabut. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna kelabu, dengan intensitas sedang dan tinggi 500 meter di atas puncak kawah.

"Asap tidak menerus ke arah selatan," tambahnya.

Sementara tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 0,5-2 mm. Dominan pada 0,5 mm. Jika dibandingkan dengan kemarin, microtremor terjadi pada 0.5-4 mm dan dominan pada 1 mm.

Pihaknya meminta warga tetap waspada terhadap aktivitas vulkanik Gunung Raung. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan diimbau tidak beraktivitas dalam radius 2 km dari pusat erupsi.

"Masih tetap berstatus waspada. Tetap waspadai potensi hujan abu," pungkasnya.

(sun/bdh)