Erupsi Gunung Raung Terus Menurun Namun Statusnya Masih Waspada

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 20:26 WIB
Erupsi Gunung Raung terus mengalami penurunan dalam dua pekan terakhir. Kolom asap masih fluktuatif antara 300 hingga 1.200 meter.
Gunung Raung dari kejauhan/Foto: Ardian Fanani/detikcom
Banyuwangi -

Erupsi Gunung Raung terus mengalami penurunan dalam dua pekan terakhir. Kolom asap masih fluktuatif antara 300 hingga 1.200 meter.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan hal tersebut. Perkembangan aktivitas Gunung Raung masih fluktuatif dan cenderung menurun. Bahkan pantulan cahaya api di puncak kawah juga tidak terlihat lagi.

"Terakhir terlihat pada 13 Februari lalu," ujarnya kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Selain itu, material abu vulkanik yang keluar dari Gunung Raung juga turun signifikan dalam beberapa hari terakhir. Adapun material yang keluar volumenya sangat tipis.

"Ketinggian abu vulkanik rata-rata di bawah 1.000 meter. Memang yang agak tebal abu vulkanik keluar waktu itu awal sampai pertengahan Bulan Februari," terang Mukijo.

Meski begitu, status Gunung Raung masih di level II atau waspada. Menurutnya, status gunung setinggi 3.332 mdpl itu belum memenuhi syarat untuk turun menjadi level I normal.

"Karena kegempaan masih tremor dominan 1 mm, abu vulkanik masih keluar setiap hari walaupun tidak menerus. Sehingga statusnya tetap dipertahankan," kata Mukijo.

Meskipun aktivitas turun, PPGA Raung tetap mengingatkan masyarakat tentang adanya potensi sebaran abu vulkanik. Petugas juga mengingatkan warga agar tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak.

Dalam data PPGA Raung periode pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB, asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 300 meter di atas puncak kawah.

Gempa tektonik jauh terjadi 2 kali dengan amplitudo 6 mm, S-P 21-60 detik, dan durasi 58-127 detik. Sedangkan gempa tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-2 mm (dominan 1 mm).

Sebagai informasi, Gunung Raung yang terletak di tiga Kabupaten yakni Banyuwangi, Bondowoso, Jember tercatat mengalami erupsi sejak Rabu (20/1) malam. Asap terlihat keluar dari puncak kawah. Sehari berselang, status Gunung Raung naik level dari normal (level I) menjadi waspada (level II).

Tonton juga Video: Dampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara

[Gambas:Video 20detik]



(sun/bdh)