Lokasi Penemuan Kerangka Tiga Wanita di Situs Kumitir Disebut Bukan Bekas Makam

Enggran Eko Budianto - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 12:57 WIB
Mojokerto -

Titik ekskavasi tempat penemuan kerangka manusia di Situs Kumitir, Mojokerto disebut bukan bekas makam. Terdapat kerangka manusia tiga perempuan yang ditemukan di lokasi. Salah satunya relatif utuh, tapi dikubur secara tidak wajar.

Kerangka tiga perempuan itu ditemukan tim ekskavasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim di titik ekskavasi sebelah barat makam umum Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo. Tempat penemuan kerangka bersebelahan dengan makam umum.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Kumitir Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, pihaknya telah menggali keterangan dari salah seorang penduduk asli Dusun Bendo. Yaitu dari Wakid yang lahir di kampung itu pada 1953 silam.

"Sepengetahuan dia, makam umum Dusun Bendo tidak sampai berkembang ke sisi barat, dia tidak tahu kalau di sisi barat ada kerangka manusia," kata Wicaksono saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (21/3/2021).

Keterangan warga setempat itu kian menguatkan indikasi kerangka manusia yang ditemukan di Situs Kumitir bukan dari zaman modern. Namun, waktu pemakaman tiga jasad tersebut masih diteliti ahli antropologi forensik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

"Hasilnya keluar tiga bulanan. Kalau dari masa Majapahit, akan dikembangkan ke DNA-nya. Kalau misalnya dari abad 20, selesai (Tak ada kaitannya dengan Situs Kumitir)," terang Wicaksono.

Selanjutnya
Halaman
1 2