Donor Yuk! PMI Surabaya Kehabisan Stok Darah

Esti Widiyana - detikNews
Sabtu, 20 Mar 2021 09:17 WIB
pmi surabaya
PMI Surabaya (Foto: Esti Widiyana)
Surabaya -

PMI Surabaya kehabisan stok pack red cel (PRC) atau sel darah merah. Jika biasanya hanya golongan darah tertentu yang habis, kini semua stok darah kosong.

Kabag Pelayanan dan Humas PMI Surabaya, dr Martono Adi mengatakan stok sel darah merah sangat kurang. Setiap harinya selalu kehabisan stok. Justru plasma konvalesen yang kini melimpah.

"Stoknya kosong, nggak ada sama sekali. Karena kebutuhan kita 300 tapi yang masuk hanya 200 pendonor. Sehingga kekurangan setiap hari," kata Martono saat ditemui di PMI Surabaya, Sabtu (20/3/2021).

"Ada minus stok darah setiap hari 100 kantong. Datang langsung kirim, sudah ada antrean. Karena permintaan darah naik," tambahnya.

Martono mengatakan kekurangan darah ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya, karena banyak perusahaan yang belum mau mengadakan donor darah.

Selain itu, masyarakat juga masih takut untuk mendonorkan darahnya. Mereka masih beranggapan, jika donor sel darah merah dapat terinfeksi COVID-19.

"Masih banyak yang takut karena pandemi. Tetap kita berikan motivasi dan edukasi bahwa donor darah yang kita lakukan aman dan sesuai protokol kesehatan," jelasnya.

PMI Surabaya pun terus berupaya untuk menarik minat masyarakat untuk bersedia mendonorkan sel darah merahnya. Pihaknya pun telah menyiapkan beberapa buah tangan bagi para pendonor, mulai dari suvenir hingga motor.

"Kita berika beberapa souvenir, ada sembako, kita ada undian sepeda motor untuk menarik minat pendonor. Kita juga lakukan edukasi bahwa donor darah ini tidak menularkan COVID-19," pungkasnya.

Simak video 'Kriteria Pendonor Plasma Konvalesen, Apa Saja?':

[Gambas:Video 20detik]



(iwd/iwd)