Ayo Donor! Stok Golongan Darah AB di PMI Surabaya Kosong

Ayo Donor! Stok Golongan Darah AB di PMI Surabaya Kosong

Esti Widiyana - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 11:48 WIB
Warga Surabaya donor darah di PMI ( Ongq-detik)
PMI Surabaya (Foto: Ongq)
Surabaya - PMI Surabaya kehabisan stok pack red cel (PRC) atau sel darah merah. Khususnya golongan darah AB yang kosong dan golongan darah A yang menipis.

"Saat ini yang kosong golongan darah AB," Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surabaya dr Budi Arifah kepada detikcom di UTD PMI Surabaya, Rabu (3/2/2021).

Ketersediaan sel darah merah di PMI Surabaya kini tidak seperti dulu lagi. Kini, PMI hanya memiliki 107 kantong darah PRC dari semua golongan darah, kecuali AB.

"Stok PRC sel darah merah saat ini mengalami penurunan. PRC sel darah merah untuk golongan A 12, B 38, AB 0, O 57. Total hanya 107," jelasnya.

Oleh karena itu, PMI Surabaya mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Terlebih untuk golongan darah AB.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir, sebab PMI Surabaya telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan ketat. Seperti menyemprot disinfektan di gedung dan ruangan secara rutin, penerapan physical distancing, deteksi suhu tubuh, cuci tangan menggunakan hand sanitizer, dan pemberian masker.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk mendonorkan darah di UTD PMI Surabaya jangan takut untuk donor darah karena aman dan sehat sesuai dengan protokol kesehatan," pungkas Budi. (iwd/iwd)