Eks Penjara Kalisosok Pernah Menahan Tokoh Nasional yang Melawan Penjajah

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 10:21 WIB
Bangunan eks penjara kalisosok surabaya
Bangunan eks Penjara Kalisosok (Foto: Esti Widiyana/detikcom)
Surabaya -

Eks bangunan Penjara Kalisosok menjadi penjara bersejarah di Surabaya. Sebab, beberapa tokoh nasional perjuangan kemerdekaan sempat menjalani kehidupan di dalam penjara, karena melawan penjajah Belanda kala itu.

Menurut Sejarawan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Purnawan Basundoro, penjara yang dulunya bernama Binnenboei ini, menjadi tempat tahanan bagi beberapa tokoh nasional pada masa perjuangan. Para tokoh nasional perjuangan ditahan bersama dengan tokoh pers kala itu, yang sering mengkritik pemerintahan Belanda.

"Pak Cokroaminoto (Serikat Islam), WS Supratman sempat di situ, aktivis pers keturunan Tionghoa, Kwee Tiam Tjing disekap selama beberapa bulan di situ juga. Orang-orang pers banyak yang masuk penjara di situ karena mengkritik pemerintah kolonial," ujarnya kepada detikcom, Jumat (19/3/2021).

Selain tokoh nasional yang disebut, Purnawan memperkirakan masih banyak tokoh nasional yang mendekam beberapa tahun di Penjara Kalisosok.

"Pejuang masa revolusi saya kira juga banyak yang ditangkapi dimasukkan di situ. Karena satu-satunya penjara di Surabaya ya di situ, di Penjara Kalisosok. Sekarang Surabaya malah nggak punya penjara," ujarnya.

Simak video '3 Kerangka Manusia Ditemukan di Situs Kumitir Mojokerto':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2