Surat Perjanjian Penghancuran Rumah Mojokerto Lemah di Mata Hukum

Enggran Eko Budianto - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 12:52 WIB
Hakim Pengadilan Agama Mojokerto Usman Ismail Kilihu
Hakim PA Mojokerto (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Kasnan (50) dan mantan istri pertamanya, Ainun Jariyah (44) sepakat menghancurkan rumah yang mereka bangun setelah membuat surat perjanjian di kantor Desa Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Ditinjau dari aspek hukum, surat perjanjian tersebut lemah sehingga berpotensi menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Surat perjanjian Kasnan dengan Ainun dibuat pada Kamis (10/3). Keduanya sepakat rumah yang mereka bangun saat menjadi pasangan suami istri, dibongkar total. Hasil rumah dihancurkan dibagi sama rata. Perjanjian tersebut ditandatangani Kasnan, Ainun, saksi Siti Alamah dan Sunyono, serta Kepala Desa Trowulan Zainul Anwar.

Perjanjian tersebut dibuat setelah Kasnan tidak mampu membayar kompensasi Rp 30 juta yang diminta Ainun. Ibu anak satu ini meminta kompensasi karena ikut membiayai pembangunan rumah tersebut sekitar 24 tahun silam. Bangunan dengan luas sekitar 51,5 meter persegi yang berdiri di atas tanah milik almarhum Kani, ibu Kasnan itu ditafsir bernilai Rp 60 juta.

Hakim Pengadilan Agama Mojokerto Usman Ismail Kilihu mengatakan, harta gono gini adalah harta bersama yang diperoleh selama ikatan perkawinan yang sah. Harta bersama ini harus dibagi rata kedua pihak yang bercerai tanpa melihat siapa yang menghasilkan harta tersebut. Kecuali ada kesepakatan kedua pihak terkait besaran pembagiannya.

"Harta gono gininya (Dalam kasus Kasnan dengan Ainun) hanya bangunan rumahnya saja. Karena tanahnya masih milik orang tua," kata Usman kepada wartawan di Kantor Pengadilan Agama Mojokerto, Jalan Raya Surodinawan, Rabu (17/3/2021).

Pasangan suami istri yang bercerai, lanjut Usman, sah-sah saja membagi harta gono gini melalui jalur musyawarah. Namun, kesepakatan hasil musyawarah tersebut harus dilegalkan secara hukum. Setidaknya surat perjanjian dibuat di hadapan notaris.

Lihat juga video 'Detik-detik Perobohan Tembok 2 Meter yang Tutupi Rumah Warga di Ciledug':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2