Rumah Pria Mojokerto Dihancurkan Mantan Istri dengan Perjanjian di Depan Kades

Enggran Eko Budianto - detikNews
Senin, 15 Mar 2021 17:12 WIB
Kepala Desa Trowulan Mojokerto Zainul Anwar
Kades Trowulan Zainul Anwar (Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom)
Mojokerto -

Rumah yang dihuni keluarga Kasnan (50) dihancurkan mantan istri pertamanya tanpa melalui putusan pengadilan. Bangunan permanen itu dirobohkan total hanya berdasarkan perjanjian di tingkat desa antara Kasnan dengan mantan istri pertamanya.

"Pembongkaran sudah disepakati kedua pihak. Hasil pembongkaran dibagi berdua. Pak Kasnan mengaku sudah ikhlas karena sudah tidak lagi bersengketa dengan mantan istrinya," kata Kepala Desa Trowulan Zainul Anwar kepada wartawan di kantornya, Senin (15/3/2021).

Ia menjelaskan, Pemerintah Desa Trowulan memediasi Kasnan dengan mantan istri pertamanya, Ainun Jariyah (44) pada Kamis (10/3). Perundingan di Balai Desa Trowulan itu dihadiri kedua belah pihak sebelum rumah dirobohkan.

Saat itu, Ainun meminta hak atas bangunan rumah yang dihuni Kasnan. Tukang jahit baju ini mengaku ikut membiayai pembangunan rumah di Dusun Tegalan, RT 3 RW 1, Desa/Kecamatan Trowulan tersebut sekitar 24 tahun silam. Sehingga dia meminta kompensasi Rp 30 juta dari mantan suaminya tersebut.

Nilai kompensasi ditentukan berdasarkan tafsiran nilai terkini bangunan rumah dihancurkan tersebut. Bangunan dengan luas sekitar 51,5 meter persegi itu ditaksir bernilai Rp 60 juta. Ainun meminta setengahnya.

"Pihak Pak Kasnan saat itu tak menawar sama sekali karena tidak bekerja. Diturunkan menjadi Rp 10 juta tidak mampu. Kata dia kalau menawar khawatir besok atau lusa meninggal dunia. Yang diminta ada kesepakatan, meski dicicil selama 5 tahun, pihak Bu Ainun tidak masalah," terang Zainul.

Karena Kasnan tidak mampu membayar kompensasi, lanjut Zainul, Ainun meminta rumah dirobohkan. Sehingga sama-sama tidak bisa menikmati rumah tersebut. Kasnan pun menuruti kemauan mantan istri pertamanya itu.

Lihat juga Video: Rumah Rusak Akibat Tanah Gerak di Banjarnegara Dirobohkan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2