Umat Hindu Tengger Bromo Nyepi, Muslim Bantu Pengamanan dan Penutupan Jalan

M Rofiq - detikNews
Minggu, 14 Mar 2021 11:31 WIB
Umat Hindu Tengger Bromo merayakan Nyepi. Saat menjalankan ibadah Catur Tapa Brata, jalur menuju wisata Gunung Bromo ditutup.
Nyepi di Tengger, Bromo/Foto: M Rofiq
Probolinggo -

Umat Hindu Tengger Bromo merayakan Nyepi. Saat menjalankan ibadah Catur Tapa Brata, jalur menuju wisata Gunung Bromo ditutup.

Penutupan mulai dari Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, dan dijaga keamanan desa serta warga non Hindu yang bermukim di lereng Bromo.

Penutupan mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Sehingga di empat desa yakni Desa Ngadas, Jetak, Wonotoro dan Ngadisari tak terlihat ada aktivitas masyarakat. Termasuk kegiatan petani di ladang.

Suara lalu lalang kendaraan juga tidak terdengar. Pintu-pintu rumah warga tertutup rapat. Hanya terlihat beberapa kendaraan terparkir di depan rumahnya.

Untuk menjaga keamanan di daerah tersebut, sejumlah tim keamanan gabungan baik dari jajaran Satpol PP, TNI, polisi dan sejumlah tokoh adat bersama tim keamanan Joko Boyo melakukan penyisiran ke sejumlah tempat di desa tersebut.

"Kami bersama warga lain yang menganut agama Islam, melakukan penjagaan demi keamanan. Karena masyarakat yang beragam Hindu sedang menjalankan ibadah Nyepi dan agar ibadah Tapa Bratanya khidmat," ujar Kepala Desa Wonokerto, Heri Dri Hartono, Minggu (14/3/2021).

"Hampir setiap tahun, warga Muslim yang bermukim di lereng Gunung Bromo ikut menjaga keamanan dan menyetop para wisatawan agar berhenti, dan dilarang masuk saat perayaan Nyepi. Ini bentuk kerukunan antarumat beragama. Jadi kami warga Muslim juga menghormati agama lain," imbuhnya.

Sementara AKBP Ferdy Irawan, Kapolres Probolinggo mengatakan, anggotanya baik dari Polsek Sukapura, Satlantas serta Satuan Sabhara Polres Probolinggo juga melakukan pengamanan di permukiman warga Hindu Suku Tengger. Termasuk melakukan penutupan jalan. Jalan menuju wisata Gunung Bromo akan dibuka Senin (15/3) pukul 06.00 WIB.

Tonton juga Video: Hari Terakhir Long Weekend Isra Mikraj-Nyepi, Tol Japek Ramai Lancar

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2