Polisi Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Pura Banyuwangi Jelang Nyepi

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 11 Mar 2021 21:31 WIB
penyemprotan disinfektan ke pura di Banyuwangi sebelum nyepi
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Polisi melakukan penyemprotan disinfektan serentak di beberapa Pura di Banyuwangi. Kegiatan ini digelar mengantisipasi penularan COVID-19 di tempat ibadah umat Hindu ini.

Salah satunya di Pura Jagat Girinatha Jalan I Gusti Ngurah Rai Kelurahan Penganjuran Kecamatan Banyuwangi, Kamis (11/3/2021). Polisi bersama dengan pemuda dan tokoh Hindu menggelar penyemprotan di Pura, sebelum digunakan untuk upacara sembahyangan menjelang Nyepi.

Beberapa ruangan dan tempat persembahyangan disemprot dengan disinfektan. Tak hanya itu, polisi dibantu oleh pecalang juga membersihkan peralatan persembahyangan dari virus corona itu.

"Kita lakukan penyemprotan secara serentak di Pura-pura di Banyuwangi. Personel dari masing-masing Polsek dan dibantu oleh Shabara melakukan penyemprotan disinfektan," ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Kamis (11/3/2021).

Penerapan protokol kesehatan saat menjelang dan perayaan Nyepi Hari Raya Nyepi tahun baru Shaka 1943 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 14 Maret 2021, dilakukan sangat ketat.

"Wajib pakai masker dan tidak berkerumun," tegasnya.

Pihaknya meminta kepada pengurus pura untuk menyediakan tempat cuci tangan dan menyediakan hand sanitizer. Pembatasan dan pengukuran suhu tubuh terhadap umat yang sembahyang pun juga dilakukan.

"Kami tidak ingin membatasi. Tapi bagaimana bagusnya kegiatan tidak menyebabkan kerumunan. Hal ini sudah kami bicarakan dengan PHDI dan beberapa tokoh Hindu. Agar tidak ada persepsi yahh macam-macam," tambahnya.

Hal yang sama dilakukan pada saat upacara Melasti. Beberapa tempat yang menjadi lokasi upacara pun dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Ini dilakukan agar kegiatan lancar dan tak menimbulkan penularan COVID-19.

"Kami berharap kegiatan menjelang dan kegiatan Nyepi bisa berjalan lancar," tambahnya.

Sementara pihaknya akan mengerahkan pengamanan peringatan Hari Raya Nyepi sebanyak 200 petugas. Petugas pengamanan akan ditambah 150 personel dari TNI, Dishub, Satpol PP dan BPBD. Nantinya juga bakal di gelar apel pasukan dalam pengamanan perayaan Hari Raya Nyepi tahun baru Shaka 1943 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 14 Maret 2021. (iwd/iwd)