Seorang Mahasiswa Jadi Tersangka Demo Ricuh Rusak Truk Polisi di Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 18:12 WIB
polresta malang kota
Polisi tetapkan seorang mahasiswa jadi tersangka perusakan mobil polisi (Foto: Muhammad Aminudin)
"Anggota sudah bertugas dengan baik, atas nama Bripka Eko Wirnardi terkena serpihan kaca di bagian mata sebelah kiri. Kini masih dalam penanganan medis," beber Totok.

Totok menuturkan, peristiwa terjadi ketika ada penyampaian aspirasi depan umum untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Jalan Semeru, Kota Malang, Senin (8/3/2021).

Polresta Malang Kota sudah memberikan toleransi waktu 15 menit, meskipun izin kegiatan tak dimiliki, karena dalam masa pandemi.

"Pak Kapolresta kemarin sudah memberi waktu lima belas menit, akan tetapi situasi semakin tidak kondusif ketika peserta aksi ada yang berontak ketika diminta untuk menaiki truk," ungkap Totok.

Sementara, Paur Kesehatan Polresta Malang Kota, drg Akhmadi Prabowo, MMRS menambahkan, Bripka Eko Winardi mengalami luka pada mata sebelah kiri akibat terkena serpihan kaca.

"Dengan hasil diagnosa kedokteran Os trauma okuli non perforans dengan komplikasi erosi kornea. Sampai hari ini masih dilakukan observasi di RS Hermina," imbuhnya terpisah.

Seperti diberitakan, demo digelar di kawasan Stadion Gajayana, Kota Malang, berjalan anarkis. Pendemo memecah kaca truk polisi saat diminta bubar karena melanggar protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19.

Serpihan kaca sampai mengenai petugas yang berada dibalik kemudi. Unjuk rasa berujung anarkis ini, mulanya merupakan aksi damai memperingati Hari Perempuan Internasional yang digelar oleh Aliansi Gerakan Perempuan Bersama Rakyat (GEMPUR).


(iwd/iwd)