BMKG Prediksi Hampir Semua Kota/Kab di Jatim Hujan Disertai Angin kencang

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 10:07 WIB
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Surabaya - BMKG Klas I Juanda memprediksi wilayah di Surabaya dan Sidoarjo diterjang hujan deras disertai petir di pagi hingga malam hari. BMKG meminta masyarakat untuk waspada.

Selain Surabaya dan Sidoarjo, hujan deras disertai petir di pagi hari juga diperkirakan terjadi di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Bojonegoro, Pacitan, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep.

"Waspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat," tulis BMKG Juanda dalam laman resminya, Senin (8/3/2021).

Pada siang dan sore hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat diperkirakan terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Kota Mojokerto, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Selanjutnya pada malam hari, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang sesaat diperkirakan terjadi di wilayah Gresik, Tuban, Magetan, Pacitan, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo.

Sementara suhu udara diperkiraan 14 sampai 33 derajat celcius, dengan kelembapan udara berkisar 60 sampai 100 persen. Dan angin dominan dari barat-barat daya dengan kecepatan 05 hingga 30 km/jam. (fat/fat)